Projek Mata Kuliah Branding in Strategic Communication: Brand “Feminin Cup”

Brand “Feminin Cup”, Oleh Ribka Xena Sitorus, Mahasiswi Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si. & Tim Pengajar

 

Latar Belakang Project

Menstrual Hygiene atau perilaku hidup sehat dalam menghadapi masa menstruasi masih kurang menjadi perhatian khusus bahkan kurang peduli akan hal tersebut. Perilaku personal hygiene menstruasi adalah perilaku yang berkaitan dengan tindakan untuk memelihara kesehatan dan upaya menjaga kebersihan pada daerah kewanitaan saat menstruasi, perilaku tersebut mencakup menjaga kebersihan genitalia (Pribakti, 2008). Tumbuh kembangnya menuju dewasa berdasarkan kematangan psikososial dan seksual, remaja akan melalui tiga tahapan yaitu masa remaja awal atau dini di usia 11 – 13 tahun, masa remaja pertengahan pada usia 14-16 tahun dan masa remaja lanjut pada usia 17-20 tahun (Soetjiningsih, 2004). Kesehatan pada reproduksi penting diketahui sejak dini agar pada saat seorang sudah menginjak remaja dan menghadapi permasalahan sekitar kesehatan reproduksi remaja telah mengerti dan mendapat informasi yang cukup sehingga dapat mengetahui hal-hal yang seharusnya dilakukan dan dihindari. Salah satunnya disaat seorang wanita sedang mengalami pubertas dan mengalami menstruasi atau sebutan lainnya adalah datang bulan. Pembalut yang hanya sekali pakai lebih disukai para wanita dalam mengatasi pendarahan saat menstruasi karena lebih mudah digunakan dan mudah dibuang tatapi sebenarnya kurang aman untuk kesehatan reproduksi wanita. Berdasarkan penelitian oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan terdapat sembilan merek pembalut dan tujuh merek pantyliner di Indonesia mengandung zat kimia klorin. Klorin adalah zat berbahaya bagi kesehatan reproduksi, penggunaan klorin secara terus-menerus bisa mengakibatkan reaksi alergi, keputihan, gatal-gatal, iritasi kulit, bahkan kanker. Menstrual cup bisa menjadi solusi pengganti pembalut yang lebih aman untuk kesehatan wanita yang aktif. Menstrual cup adalah salah satu produk yang ramah lingkungan karena dibuat tanpa bahan pewangi ataupun pemutih dan bisa digunakan secara berulang-ulang sampai 10 tahun kedepan tetapi jika masih utuh bentuknya. Menstrual cup, alat berbentuk seperti cangkir kecil yang 2 menampung darah mensturasi wanita dan terbuat dari bahan silikon yang bisa sebagai pengganti penggunaan pembalut konvensional pada perempuan. Menstrual cup bisa digunakan dengan durasi paling lama 12 jam di dalam alat reproduksi wanita dan ketika siklus atau masa menstruasi telah selesai, maka menstrual cup perlu untuk disterilisasi dengan cara direbus tetapi tidak perlu sangat panas. Cara pakai menstrual cup adalah dengan memasukkan alat tersebut ke dalam saluran vagina atau alat reproduksi wanita di saat masa menstruasi dan ketika darah yang ditampung di dalam cup sudah penuh, menstrual cup dapat dikeluarkan dan digunakan kembali dengan cara membilasnya dengan bersih yang terlebih dulu sebelum akhirnya digunakan kembali. Feminim cup hadir untuk menjadikan produk menstrual cup asal Indonesia yang memberikan kualitas yang layak untuk kesehatan reproduksi wanita. Feminim cup tidak hanya menciptakan sebuah produk menstrual cup saja tetapi akan memberikan edukasi-edukasi yang berhubungan dengan reproduksi wanita yang masih sangat tabu diperbincangkan para masyrakat secara umum di kehidupan nyata maupun di kehidupan dunia maya. Edukasi-edukasi tentang reproduksi masih sangat minim dan terkadang masih menjadi pembahasan yang kurang sopan bagi kacamata masyarakat Indonesia, padahal edukasi tentang reproduksi sangat menjadi hal penting bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Feminim cup akan menggunakan new media yang tepat untuk menyampaikan pengetahuan secara mendalam seputar manfaat cawan menstruasi atau menstrual cup yang sebagai alternatif alat sanitasi dalam menstrual hygiene yang masih jarang diketahui perempuan Indonesia. Banyak perusahaan yang selalu berinovasi supaya dapat mencapai puncak bisnisnya. Merek atau brand mencari sebuah peluang, harus bisa membuat daya tarik sebuah produk dengan brand image, brand awareness dan promosi yang bisa menarik calon konsumen. Produk yang dipasarkan dengan tepat target sasaran dan bisa mendapatkan respon positif dari konsumen dan keuntungan perusahaan untuk memperluas pasar serta brand awareness yang berkembang di tengah masyarakat. Feminin cup memiliki sasaran khusus 100% wanita Indonesia yang mulai sudah memahami menstrual cup maupun bagi wanita Indonesia yang masih buta akan menstrual cup..

Tujuan Project

  1. Mengurangi sampah limbah plastik dan kapas dalam pemakaian pembalut konvesional. 2. Lebih aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan alat produksi wanita dan membantu mencegah penyakit reproduksi pada wanita. 3. Memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga reproduksi wanita dengan memakai menstrual cup. 4. Feminin cup dapat dipercaya dan di andalkan untuk wanita aktif khususnya di Indonesia.

 

Objek Branding

Nama Brand & Filosofinya – Feminin Cup hadir untuk menjadi alat bantu kesehatan untuk alat produksi wanita yang sedang datang bulan. Solusi pengganti pembalut yang lebih aman untuk kesehatan wanita yang aktif dan mendukung pengurangan pemakaian kapas dan plastic. Warna merah jambu pada logo dan nama menggambarkan kebaikan, ketenangan dan kelembutan. Untuk gambar pertama melambangkan wadah tempat perempuan dengan nyaman dan gambar kedua melambangkan wanita yang aktif. Nama feminin sangat identik kata sifat, adjektif yang berarti “kewanitaan” atau menunjukkan sifat seorang perempuan.

Visi, Misi dan Tujuan Brand.

Visi: Feminin cup yang dapat dipercaya dan di andalkan untuk wanita aktif khususnya di Indonesia. Misi: Feminin memberikan produk kesehatan dengan kualitas yang terbaik, aman, nyaman yang bisa di gunakan untuk wanita khusus yang aktif dalam kegiatan sehari-hari. Tujuan: 1. Mengurangi sampah kapas dan plastik yang sulit terurai dan beracun. 2. Lebih aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan alat produksi wanita. 3. Tidak mudah bocor dan nyaman untuk wanita aktif.

Element of Branding.

Brand Identity. Identitas brand terdiri dari nama, logo, slogan, bentuk, warna dan keuntungan lainnya yang memiliki ciri khas yang khusus. Warna merah jambu pada logo dan nama menggambarkan kebaikan, ketenangan dan kelembutan. Nama feminin sangat identik kata sifat, adjektif yang berarti “kewanitaan” atau menunjukkan sifat seorang perempuan. Menstrual Cup asli di produksi dari Indonesia.

Brand Image. Citra merek merupakan tentang bagaimana orang membayangkan brand atau merel tersebut. Apakah memberikan kesan mahal atau murah, apakah dewasa atau muda, apakah ceria atau berani, dan lain sebagainya. Feminin cup akan dikenal sebagai pengganti pembalut yang aman, nyaman dan memiliki menstrual cup elastis yang berkualitas dengan harga terjangkau untuk kesehatan alat produksi wanita. Tidak perlu takut untuk digunakan disaat datang bulan. Feminim cup bisa menjadikan pengganti pembalut konvesioanl di Indonesia.

Brand Personality> Suatu brand dibangun dengan mencerminkan suatu personalitas tertentu. Feminin cup memiliki brand personality dari feminim cup adalah aktif dengan nyaman, aman dan sehat dan dengan tagline #JanganTakutAktif yang mengartikan untuk wanita Indonesia tidak takut aktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari dengan menstrual cup dari feminin cup.

Brand Experience. Brand experience berfokus pada pengalaman konsumen ketika menggunakan brand tersebut. Mulai dari proses pemilihan sampai dengan setelah menggunakan brand tersebut. Testimoni dari pengalaman-pengalaman konsumen yang sudah pernah memakai feminin cup serta memberikan edukasi kepada para wanita yang masih asing dengan menstrual cup.

Brand Differentiation. Perbedaan dalam brand yang dimaksud adalah berbagai hal yang unik dari brand, sehingga brand dapat dengan mudah dibedakan dan dikenali daripada brand pesaing. Feminin cup menerima permintaan ukuran cup khusus jika dari konsumen memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan standar menstrual cup dan menyediakan 2 warna cup yang berbeda yaitu warna bening dan merah jambu dan berbeda dengan brand lain yang tidak bisa minta custom secara khusus.

Brand Association. Banyaknya berbagai macam media untuk menyampaikan pesan demi menjangkau target konsumen yang diinginkan. Pemasar harus bisa memperhatikan media atau komunikator yang membawa pesan agar memberikan asosiasi yang baik. Feminin Cup membentuk sebuah forum komunitas di telegram yang akan menjadi sarana diskusi kesehatan wanita terlebih pada alat produksi wanita yang masih sedikit tabu untuk diangkat menjadi pembahasan pad edukasi kesehatan umum dan memberikan edukasi juga melalui instagram dan youtube Feminin Cup akan memilih Andrea Gunawan sebagai ambasador dari feminim cup

Target Market. Target market pada pasar untuk produk feminin cup sebagai berikut: ● Umur: 16 – 50 Tahun ● Jenis Kelamin: Untuk semua wanita ● Profesi: Siswa, Mahasiswa, Karyawan, Ibu rumah tangga dan Wanita yang sangat aktif dalam kegiatan sehari-hari. ● Segmen Pasar: Low to High ● Lokasi: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan Palembang.

Tools / Media Marketing. Tools dan media marketing yang dipakai oleh feminin cup adalah menggunakan Instagram, Youtube, Telegram dan E-commerce. Instagram adalah sebuah aplikasi media sosial yang berbasis Android untuk smartphone, iOS untuk iPhone, Blackberry, Windows Phone dan sekarang juga dapat diakses di komputer atau PC. Instagram secara umum untuk berbagi foto dan video. Penggunaannya bisa di banyak kalangan , mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Dari hanya seorang siswa hingga pebisnis. Media sosial ini menjadi semakin populer hingga dapat dibandingkan dengan Facebook dan Twitter di tahun 2021 ini. Instagram bisa menjadi sarana untuk memasarkan sebuah produk dengan cara paid ads atau digital marketing melalui instagram (sponsored content), membagikan edukasi tentang produk dan kesehatan perempuan yang secara tidak langsung memasarkan produk tersebut juga. Instagram feminin cup akan berfokus pada membagikan tentang informasi seputar wanita, seputar produk, trivia yang berhubungan dengan kesukaan wanita, giveaway dan berbagi testimoni yang dibagikan oleh para ahli kesehatan dan konsumen. Feminin cup juga akan membuka channel Youtube untuk memberikan edukasi secara detail tentang reproduksi kesehatan wanita dan analisis penggunaan para ahli yang sudah memakai menstrual cup dari feminin cup. Edukasi-edukasi tersebut sangat penting karena masih minim dan tabu tentang alat reproduksi wanita dan cara menjaga kesehatan reproduksi tersebut. Menstrual cup juga masih banyak wanita Indonesia belum tahu itu apa dan cara pemakaiannya yang masih diragukan oleh wanita Indonesia. Selain Instagran dan Youtube, Feminin cup akan membuka forum diskusi di Telegram dengan ahli kesehatan kepada calon konsumen dan konsumen yang sudah memakai menstrual cup dari feminin cup. Diskusi tersebut pastinya akan membuka pengatahuan lebih luas seputar kesehatan yang terkhusus wanita dan mengurangi adanya isu-isu negatif tentang menstrual cup. Telegram juga bisa menjadi tempat untuk konsul secara personal jika memang dibutuhkan dan masih seputar kesehatan reproduksi wanita. Pemesanan menstrual cup dari feminin cup juga bisa dipesan melalui telegram yang akan di layani oleh admin dari tim feminin cup. Terakhir adalah menggunakan marketplace yang tidak asing dipakai oleh masyarakat Indonesia yaitu bisa di akses dari Shopee dan Tokopedia. Pemesanan online melalui marketplace tersebut pastinya bisa lebih mempermudah transaksi dan lebih cepat. Flash sale dan diskon juga bisa ada, jika memang sudah ditentukan di tanggal dan event tertentu.

 

Kesimpulan

Menstrual cup bisa menjadi solusi pengganti pembalut yang lebih aman untuk kesehatan wanita yang aktif. Menstrual cup adalah salah satu produk yang ramah lingkungan karena dibuat tanpa bahan pewangi ataupun pemutih dan bisa digunakan secara berulang-ulang sampai 10 tahun kedepan tetapi jika masih utuh bentuknya. Menstrual cup, alat berbentuk seperti cangkir kecil yang menampung darah mensturasi wanita dan terbuat dari bahan silikon yang bisa sebagai pengganti penggunaan pembalut konvensional pada perempuan. Feminim cup hadir untuk menjadikan produk menstrual cup asal Indonesia yang memberikan kualitas yang layak untuk kesehatan reproduksi wanita. Feminin cup akan hadir dengan harga yang lebih eknomis dibandingkan pesaing tetapi yang mempunyai kualitas sama. Menstrual cup pada feminin cup juga memberikan hal yang berbeda dengan produk menstrual cup lainnya yaitu dengan adanya permintaan ukuran khusus menstrual cup dengan ukuran yang diminta oleh konsumen dan memiliki 2 pilihan warna yang berbeda yaitu dengan warna merah jambu dan warna bening. Tools dan media marketing yang dipakai oleh feminin cup adalah menggunakan Instagram, Youtube, Telegram dan E-commerce. Instagram adalah sebuah aplikasi media sosial yang berbasis Android untuk smartphone, iOS untuk iPhone, Blackberry, Windows Phone dan sekarang juga dapat diakses di komputer atau PC dan Strategi branding yang di pakai adalah melalui media sosial, digital marketing dan memakai influencer dan ambassador sebagai citra merek dari feminim cup . Media sosial yang di pakai adalah Instagram, Facebook, Youtube dan Telegram. Target audience yang terdiri dari wanita yang berumur 16 – 50 Tahun, lebih dari 50 sudah monopose dan tidak mengalami mensturasi lagi dan berprofresi sebagai siswa mahasiswa, karyawan, Ibu rumah tangga dan Wanita yang sangat aktif dalam kegiatan sehari-hari seperti aktif dalam olahraga. Untuk segmen pasarnya bisa dari rendah sampai yang tinggi. Target lokasi dipilih untuk lebih fokus kepada kota-kota besar dan yang dipilih adalah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar dan Palembang.

Daftar Pustaka:

Boomsma, Marije and Michiel Arnoldus. (2008). Branding for Development. KIT Working Papers Series C2. Amsterdam: KIT.

Djannah, Sitti Nur dan Erni Gustina. (2015), Sumber Informasi Dan Pengetahuan Tentang Menstrual Hygine Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Masyarakat. KEMAS 10 (2) .147- 152.

Kotler, P., Keller, K.L. (2009), Marketing Management. 13thed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.

McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Nastain, Muhammad. (2017). Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksitensi Produk). Channel, Vol. 5, No. 1.

Pribakti.B. (2008). Tips & Trik Merawat Organ Intim Wanita. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Rulli Nasrullah (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Saputri, Sari Dian. (2021). Faktor Pengaruh Daya Tarik Visual Brand Organicup Terhadap Brand Awareness Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata.Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Media Baru. Tutur Rupa. Vol. 3 No. 2.

Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.