SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEBERHASILAN KOMUNIKASIMU ?

Ada anggapan bahwa komunikasi tidak perlu belajar ilmu komunikasi, karena manusia saat bersosialisasi dan berinteraksi maka di sana dengan sendirinya seseorang akan mampu berkomunikasi. Perlu dipahami bahwa berkomunikasi tidak hanya sekedar menyuarakan bunyi berupa kata-kata dari lisan kita. Komunikasi yang dimaksud adalah proses penyampain ide, gagasan, informasi, pengetahuan, inovasi kepada sistem sosial yang di dalamnya orang-orang, dimana tujuanya adalah agar terjadi perubahan pengertian, sikap dan perilaku. Pertanyaan selanjutnya, apakah mudah untuk menciptakan perubahan terhadap orang-orang? Proses komunikasi merupakan sebuah kompleksitas, dimana hal yang dapat mempengaruhi keberhasilanya ditentukan banyak faktor.

Untuk itu pentingkah atau tidak mempelajari komunikasi? Jawabannya adalah sangat penting, dimana kemajuan teknologi yang semakin cepat dengan varian media komunikasi yang beragam disertai keunggulan dan kelemahannya, suasana psiko-sosial publik yang dinamis, konteks komunikasi yang berbeda (lokal maupun global), cultural yang beragam, dan sebagainya. Maka semua ini, membutuhkan pengetahuan yang memadai, tidak cukup hanya dengan belajar otodidak melalui internet. Untuk itu, pada Program Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Bina Nusantara University, menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi dengan kurikulum dan mata kuliah yang disesuaikan tuntutan kekinian dalam indutri 4.0 menuju 5.0. Mata kuliah yang ada pada Program Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Bina Nusantara University, yaitu Advanced Theory of Communication, Philosophy of Communication Science, Research Methodology for Communication, Media Relations Strategy, Branding in Strategic communication, Cyber and Digital Marketing Communication Strategy, Public Relations and Global Marketing Communication, dan Management of Business Communication. Semua mata kuliah didesain untuk menjawab kebutuhan komunikasi kontemporer di era digital, sehingga tantangan dan hambatan komunikasi sosial dan komunikasi bisnis dapat direduksi melalui pemahaman yang memadai dan komprehensif dengan perspektif ilmu komunikasi secara multidisiplin.

By
Dr. La Mani, S.IP.,M.Sc.