Kunjungan Studi Banding UK Petra Surabaya

Universitas Kristen Petra Surabaya melakukan kunjungan studi banding ke Magister Ilmu Komunikasi, Binus Graduate Program (MIK-BGP) pada tanggal 3 Agustus 2023. Kami, para dosen pengelola program studi Magister Ilmu Komunikasi dalam formasi lengkap menerima delegasi UK Petra dari lintas program studi, lebih khusus dari program studi sarjana ilmu komunikasi. Pengelola program studi MIK-BGP menerima delegasi UK Petra di kampus Anggrek, Kemanggisan, Jakarta Barat.

Dengan semangat berkolaborasi dan berbagi, para dosen dari UK Petra dan Binus University berdiskusi dengan sangat bersahabat dan hangat walaupun baru pertama kali berkenalan dan bertemu. Delegasi UK Petra dipimpin oleh Wakil Dekan I Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif- Dr. Drs. Ido Prijana Hadi, M.Si. yang mengelola beberapa program studi jenjang sarjana dan paska sarjana, yang didalamnya berada program studi ilmu komunikasi. Delegasi UK Petra memandang Binus University khususnya MIK-BGP merupakan institusi yang sangat layak dikunjungi untuk diambil ilmunya dalam pengembangan program studi ilmu komunikasi di Surabaya.

Diskusi dalam kesempatan ini berkisar seputar pengelolaan program studi dan kebijakan dari institusi yang dipandang oleh delegasi UK Petra berhasil mengembangkan program ilmu komunikasi dari program sarjana ke paska sarjana dengan sukses. Best practise yang telah dilakukan oleh MIK-BGP ini diceritakan oleh Ketua Program Studi MIK-BGP dengan respon juga perjalanan UK Petra mengelola fakultas dan program studi mereka. Diskusi juga melebar ke pembahasan penelitian dan kinerja intake mahasiswa baru.

Kunjungan disepakati tidak akan berhenti di studi banding saja, tetapi akan ditindak lanjuti dengan kerjasama yang masuk dalam kategori Catur Dharma. Catur Dharma perguruan tinggi adalah kewajiban yang harus dijalankan oleh institusi pendidikan tinggi dan elemen didalamnya termasuk para dosen yang mencakup; pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan diri. Para delegasi dan pengelola program studi MIK-BGP telah bertukar detil kontak untuk berkomunikasi lebih lanjut untuk melakukan kerjasama dibidang ini. Pendidikan akan ditindaklanjuti dengan kuliah tamu dari kedua institusi dan bidang Catur Dharma lainnya. Kami juga sebagai pengelola program studi MIK-BGP membuka pintu untuk kerjasama bagi universitas di seluruh Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: Mgr. Irmawan Rahyadi, S. Sos., PhD.