The Jakarta Post kolaborasi dengan MIK Binus

The Jakarta Post sebagai surat kabar berbahasa Inggris yang berkualitas dan memiliki positioning kuat di masyarakat Indonesia merangkul universitas di Indonesia dalam rangkaian kegiatan berbagi ilmu dan keahlian praktis kepada mahasiswa dan dosen di Binus.

Pada tanggal 14 Juni 2023, Magister Ilmu Komunikasi (MIK), Binus Graduate Program (BGP), Binus University menjadi tuan rumah kegiatan ini yang tempat di Kampus Anggrek, Jakarta Barat. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ” Photojournalism in the Spirit of Participation”. Tim dari The Jakarta Post menyampaikan ilmunya dengan dimoderatori oleh Ibu Malahayati dari Jakarta Post, beliau mengelola diskusi dan sharing session dari Ibu Adisti Sukma Sawitri yang menjabat sebagai The Jakarta Post Managing Editor dan Bapak Edi Purnomo sebagai Senior Photographer.

Ibu Adisti menyampaikan awal perjalanan The Jakarta Post yang merekam dan meliput perjalanan bangsa sampai berita terakhir sekarang ini dengan teks dan yang lebih penting adalah dengan image dalam bentuk foto. Sedangkan Bapak Edi menyampaikan bagaimana foto dapat bercerita kepada khalayak luas tentang suatu kejadian dengan rinci dan runut.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa MIK-BGP dari berbagai program dan angkatan, baik program reguler dan program fast-track yang mendapatkan kuliah onsite setiap pekan dikampus, termasuk program online yang antusias mengikuti kegiatan berbagi ilmu langsung dari praktisi industri media di Indonesia. Para mahasiswa juga diperkaya dengan sesi diskusi yang melebar ke perbincangan mengenai profesi photographer dalam industri media masa dan industri seni.