Projek Mata Kuliah Branding in Strategic Communication: Brand “BRAND TAWUBACO”

Brand “BRAND TAWUBACO”, Oleh Candraning Koes Primastahta, Mahasiswi Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si. & Tim Pengajar

 

Latar Belakang Project

Tahu merupakan salah satu menu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang menggunakan bahan dasar kedelai ini sering dijadikan berbagai macam olahan sampai menjadi tahu bakso. Selain memiliki cita rasa yang gurih, kandungan gizi di dalam tahu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yang pertama adalah mampu mengatasi anemia, penyakit ini apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kerusakan otak yang lebih parah, oleh sebab itu karena tahu mengandung lesitin yang dapat membantu tubuh manusia memproduksi asam fasfolipid fosfatidat sehingga hal ini dapat membantu neuron berfungsi dengan normal dan meningkatkan daya ingat. Tahu juga dapat mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas. Pasalnya tahu mengandung serat, kalsium, fosfor, protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kelenturan. Selain itu bisa juga menjadi pencegah penyakit jantung, penyakit ini salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Oleh sebab itu sudah seharusnya kita melakukan upaya pencegahan sejak dini untuk dapat menghindari penyakit ini. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah bisa mengonsumsi secara rutin olahan tahu. Karena serat dan protein yang terdapat di dalam tahu dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Manfaat mengonsumsi tahu selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan protein dan nustri pada tahu ini dapat membantu meregenerasi kulit. Dan zat saponin pada tahu juga memiliki manfaat mengangkat kotoran-kotoran yang dapat menyumbat pori-pori kulit, sehinggan membantu mengeluarkan sel-sel kulit mati. Sehingga kesehatan kulit yang kita dapat akan terjaga dan nampak akan lembap sepanjang hari. Bakso adalah sebuah makanan yang terbuat dari daging, daging yang dipakai bisa dari daging sapi, ayam dan ikan. Fokus kita disini adalah membahas tentang bakso yang terbuat dari daging sapi dan ayam. Daging sendiri mengandung berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagai pertumbuhan tubuh bahkan otak. Bakso sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia, prospek dari usaha kuliner ini juga sangat menguntungkan karena dari segi konsumen sendiri semua orang menyukai bakso jadi tidak akan berhenti dan selalu ada peminatnya. Protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunya struktur mirip dengan tubuh manusia, daya cerna dari protein ini lebih baik disbanding dengan protein nabati. Pada tubuh makhluk hidup seperti mansuia protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung hingga paru-paru. Selain itu manfaat dari bakso sendiri mengandung beberbagai vitamin yang baik baik kecerdasan otak. Ditambah lagi bakso mengandung lemak yang bermanfaat sebagai penyimpanan energi dan tenang.

Lemak yang terdapat dalam dagung bakso ini berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia. Dengan perpaduan dari Tahu dan Bakso yang memiliki banyak manfaat di kedua bahan ini, apabila dijadikan satu akan membuahkan hasil sebagai kudapan yang legendaris dari Indonsia yaitu Tahu Bakso. Tahu Bakso adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi ikon oleh-oleh khas dari Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Seperti Namanya, Tahu Bakso ini ialah kombinasi perbaduan dari tahu dan bakso. Lebih tepatnya tahu yang di isi secara merata di tengah-tengah bagian tahu dengan komposisi dagingnya lebih banyak. Daging yang digunakan pun bisa dari daging ayam atau sapi. Biasanya tahu bakso ini tersedia dalam 2 pilihan ada yang di goreng dan di rebus. Apabila ingin menikmatinya di tempat cocok untuk membeli tahu bakso goreng, dan tak lupa kalau ingin membawa sebagai oleh-oleh, cocok untuk membeli tahu bakso yang sudah di rebus. Tahu bakso sangat cocok juga di santap dengan cocolan sambal kecap manis pedas ataupun hanya menggunakan cabai rawit hijau. Sekarang kita bisa menikmati tahu bakso ini tanpa perlu harus ke Ungaran, karena tahu bakso sudah tersedia dihampir seluruh kota di Indonesia. Yang pastinya penjual Tahu Bakso mempunyai bumbu rahasia masing-masing supaya bisa jadi ciri khas mereka.

Dari penjelasan di atas, produk yang penulis buat bernama Tawubaco.id, seperti nama dari produknya ini adalah Tahu Bakso yaitu kudapan asli dari Ungaran, penulis membuat Tahu Bakso dengan 2 varian rasa yaitu ada Tahu Bakso Sapi dan Tahu Bakso Ayam yang dibuat dengan bumbu turun menurun dari keluarga dan diproses secara homemade tanpa menggunakan tambahan pengawet apapun, jadi untuk kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, Tawubaco.id mempunyai ciri khas tersendiri dimana setiap pembelian 1 pack Tawubaco.id varian apapun bisa varian Sapi atau Ayam akan mendapatkan 1 bungkus tepung terigu, tepung terigu ini digunakan untuk membuat Tawubaco.id saat di goreng ada tambahan extra crispy. Tahu Bakso akan menjadi lengkap apabila ada teman makan yang menemani, maka dari itu Tawubaco.id memberikan extra tambahan bumbu seperti sambal kecap, bumbu bubuk dari beberapa varian (Balado, Barbeque, Keju) jadi konsumen bisa memilih jenis bumbu atau sambal sesuai dengan selera. Dengan tersedianya tambahan bumbu dan sambal dari Tawubaco.id ini konsumen akan menikmati Tahu Bakso dengan cara yang berbeda.

Tujuan Project

Tujuan Project 1. Memberikan kualitas produk yang terbaik untuk konsumen karena pembuatan produk homemade. 2. Mengenalkan makanan tradisional yang berinovasi dengan representasi modern untuk menikmati Tahu Bakso. 3. Mempopulerkan Tahu Bakso sebagai salah satu makanan tradisional yang patut di coba. 4. Untuk meningkatkan daya minat konsumen serta menambah daya jual dan harga produk menjadi lebih tinggi. Dan kegunaan Project 1. Dapat memberikan kemudahan untuk konsumen dalam mencari cemilan tradisional. 2. Mempermudah konsumen sebagai alternatif apabila ingin memberikan Tahu Bakso kepada seseorang sebagai buah tangan. 3. Membantu melestarikan makanan tradisional Indonesia agar terus dikenal oleh generasi-generasi selanjutnya.

 

Objek Branding

Dalam project ini, brand yang di buat adalah merupakan sebuah brand baru yang Bernama “TawuBaco”. Tawubaco adalah sebuah produk makanan yang terbuat dari campuran tahu dan bakso. Tahu bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi ikon oleh-oleh khas dari Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Lebih tepatnya tahu yang di isi secara merata di tengah-tengah bagian tahu dengan komposisi dagingnya lebih banyak. Daging yang digunakan pun bisa dari daging ayam atau sapi. Biasanya tahu bakso ini tersedia dalam 2 pilihan ada yang di goreng dan di rebus. Tawubaco memberikan free tepung terigu disetiap pembelian per-packnya. Jadi ini akan memberikan pilihan untuk konsumen apabila ingin di goreng lebih crispy. Tawubaco juga sangat cocok di santap dengan cocolan sambal kecap manis pedas ataupun hanya menggunakan cabai rawit hijau. Tawubaco dikemas dengan tema yang fun, dan tidak terkesan kaku. Dari nama, logo serta marketing di social media menggunakan tema tersebut supaya dapat lebih menjalin hubungan yang akrab dengan konsumen.

Varian Brand Seperti yang dijelaskan dalam nama brand dan filosofi. Tawubaco mempunyai 2 varian rasa dan sudah terdapat free tepung terigu disetiap pembelian 1 pack, varian Tawubaco

Thankyou Card Kartu ucapan terimakasih adalah salah satu hal yang dapat memberikan kesan tertentu kepada konsumen. Membuat konsumen akan merasa diihargai, kartu ini juga akan membuat konsumen merasa senang ketika membeli suatu produk. Tidak hanya itu, hanya dengan sebuah kartu dapat memotivasi konsumen dan memberikan kepercayaan peda mereka sehingga akan mendapatkan feedback yang positif. Tawubaco juga tidak mau ketinggalan dalam hal tersebut, maka dari itu Tawubaco membuat kartu ucapan terimakasih sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada konsumen karena sudah membeli produk Tawubaco. Berikut penampakan dari Thankyou Card Tawubaco.

Visi Brand. Visi dari produk brand Tawubaco adalah “Menjadi produk Tahu Bakso yang memiliki kualitas terbaik dan melestarikan makanan tradisonal asli Indonesia agar terus di kenal.”

Misi Brand. Misi dari produk brand Tawubaco adalah: 1. Memberikan kualitas produk yang terbaik untuk konsumen karena pembuatan produk homemade. 2. Mengenalkan makanan tradisional yang berinovasi dengan representasi modern untuk menikmati Tahu Bakso. 3. Mempopulerkan Tahu Bakso sebagai salah satu makanan tradisional yang patut di coba.

Media Marketing. Media marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang sekarang banyak digunakan, sederhananya, pemasaran jenis ini memanfaatkan peran media sosial dalam prosesnya. Karena dianggap pemasaran ini memang lebih efisien jika dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional. Dengan menggunakan media marketing, dalam proses pemasarannya pun dilakukan jauh lebih menyenangkan, dan juga banyaknya keuntungan yang bisa dijadikan alasan kenapa pemasaran lewat media ini penting. Produk brand Tawubaco juga turut serta menggunakan pemasaran melalui media. Disini Tawubaco menggunakan beberapa media sosial untuk mencari calon konsumen yaitu Instagram, Tiktok, Facebook dan juga mempunyai official account messenger berupa What’sApp. Biasanya Instagram di gunakan untuk memperkenalkan produk Tawubaco dan juga memberikan konten-konten menarik seperti bermain games, giveaway, promo, serta informasi tentang kandungan dari tahu bakso. Sedangkan untuk Tiktok dan Facebook digunakan sebagai media pemasaran saja. Kedepannya Tawubaco juga akan mencoba menggunakan fitur dari Facebook Ads dan Instagram Ads, untuk terus mencari potensi konsumen baru dan merangkul konsumen lebih jauh lagi tidak hanya di daerah Jabodetabek saja. Dengan memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan langsung oleh aplikasi media sosial ini sangat berguna untuk memperkenalkan brand baru seperti Tawubaco dapat dikenal oleh banyak orang. Berikut adalah tampilan dari media sosial Instagram dan juga profile dari official account messenger What’sApp milik Tawubaco.

Kesimpulan

Tawubaco adalah produk makanan yang dijadikan brand dalam project ini, seperti dari namanya sudah diketahui kalau ini adalah merupakan makanan cemilan atau kudapan yang terbuat dari perpaduan antara tahu dan bakso. Dengan perpaduan antara dua makanan ini memiliki manfaat masing-masing seperti, manfaat mengonsumsi tahu yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan protein dan nutrisi pada tahu ini dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunya struktur mirip dengan tubuh manusia, daya cerna dari protein ini lebih baik disbanding dengan protein nabati. Pada tubuh makhluk hidup seperti mansuia protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung hingga paru-paru. Di dalam makalah ini di jelaskan secara lengkap mulai dari nama brand atau filosofi, selanjutnya elemen-elemen dari brand Tawubaco serta dilengkapi dengan strategi untuk branding marketing produk Tawubaco. Walaupun brand ini adalah brand yang baru dibandingkan dengan competitor lain, Tawubaco harus memiliki strategi yang akurat dalam melakukan proses branding dan juga marketingnya. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai alternatif yang paling efektif dalam melakukan proses keduanya, dengan memanfaatkan aplikasi media sosial serta fitur-fitur yang ditawarkan ini memudahkan untuk brand baru dalam melakukan branding. Tidak hanya menyusun strategi dalam melakukan branding dan marketing, Tawubaco juga melakukan sebuah analisis dengan metode SWOT, yaitu Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Analisis mendasar ini sangat berguna untuk menjalankan tujuan kedepannya seperti mencapai Visi dan Misi dari brand Tawubaco. Selain itu, strategi branding yang digunakan di dalam makalah ini terbagi menjadi 5 poin, pertama brand positioning, dari produk Tawubaco, disini posisi Tawubaco berada ditengah antara kurva Low Price ke High Price dan juga dari Low Popularity ke High Popularity. Disini juga terlihat untuk brand Tahu bakso ibu Pudji yang sudah sangat populer di pasaran Indonesia namun harganya tidak affordable. Ini yang menjadi sebuah kesempatan bagi Tawubaco untuk dapat bersaing dengan harga yang affordable. Strategi yang kedua adalah brand identity dimana tawubaco mempunyai nama yang mudah diingat karena Tawubaco sendiri adalah pelesetan kata dari tahu bakso, ini juga memudahkan anak-anak untuk mengingat brand Tawubaco. Selain itu Tawubaco juga menggunakan warna khasnya dengan coklat tua dan krem, serta terdapat ciri khas tagline “Senyum yuk, terus gigit aku” serta karakter simbol “smile”. Selanjutnya ada brand personality, Tawubaco memiliki perbedaan dari kompetitor yaitu dengan ciri khas free tepung terigu untuk bisa memberikan pilihan tahu digoreng lebih crispy. Strategi keempat adalah brand communication, disini Tawubaco menggunakan media sosial pastinya untuk interaksi dengan konsumen dan pembelian produk, serta menggunakan fitur iklan seperti 25 Facebook dan Instagram Ads untuk media promosi dan juga berencana untuk bekerjasama dengan Influencer di bidang kuliner. Strategi yang terakhir adalah brand equity, Tawubaco Melakukan pemasaran yang strategis serta menjaga customer relationship khsusnya untuk loyal customer dan juga akan berencana mendaftarkan ijin produk ke BPOM dan Halal MUI. Dengan cara-cara yang sudah dijelaskan untuk pemasaran dan branding Tawubaco ini diyakinkan bahwa walaupun sebuah brand baru tetap dapat masuk ke dalam pasarnya dengan analisis yang sesuai sebagai dasar untuk melakukan strategi branding. Dengan efektivitas dari analisis dan strategi ini diarapkan dapat membuat brandi dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi brand yang memiliki kekuatan untuk dapat bersaing dengan competitor.