PROJEK BRANDING: “Suka Suku”

Brand “Suka Suku oleh Stefan Martin, Mahasiswa Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si. & Tim Pengajar

Latar Belakang. Di zaman revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, banyak orang-orang yang tadinya belum melek dengan teknologi, namun sudah ahli menggunakan berbagai teknologi seperti smartphone, laptop, tablet, smartwatch, dan lain sebagainya. Mereka menggunakan alat-alat tersebut untuk berbagai kebutuhan yang menunjang aktivitas mereka sehari-hari seperti bersekolah, bekerja, bisnis, maupun bersenang-senang. Oleh karena itu, teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan kita sekarang ini. Jika berbicara tentang teknologi, kita juga akan membahas tentang internet. Internet atau international netword, adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Berdasarkan penjelasan tersebut, internet dapat menghubungkan satu orang dengan orang lainnya dengan menggunakan media elektronik sebagai penghubungnya. Media elektronik yang dimaksud adalah smartphone, laptop, tablet, smartwatch, dan komputer. Dengan media tersebut, kita dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan media yang terhubung pada internet, kita dapat saling berhubungan dengan menggunakan media sosial, aplikasi pesan instan, maupun website. Akan tetapi, zaman sekarang banyak orang yang mulai memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis maupun usahanya. Mereka memanfaatkan teknologi dan internet untuk memasarkan dan menjual produk ataupun jasanya. Karena berbagai alasan, mulai banyak orang yang sudah beralih dari berjualan offline menjadi online. Ditambah, sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang untuk memudahkan orang-orang berjualan secara online atau dikenal sebagai marketplace. Marketplace adalah tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli, dimana penjual dapat memasarkan dan menjual produknya. Banyak orang yang memanfaatkannya marketplace untuk berjualan, karena marketplace memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah pasar yang besar, bisa dilakukan dimana dan kapan saja, serta bisa dilakukan secara gratis karena marketplace mengizinkan siapapun untuk memasarkan produk maupun jasanya di marketplace mereka. Selain marketplace, media sosial dan aplikasi pesan instan juga dimanfaatkan oleh beberapa pelaku usaha. Media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter, kemudian aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, telegram, dan line pun digunakan untuk memasarkan serta berkomunikasi kepada pelanggan. Oleh karena itu, SUKA SUKU sebagai brand produk minuman sehat dengan kandungan kurma, vanila, almond, dan susu sapi murni juga memanfaatkan media sosial, aplikasi pesan instan, dan marketplace untuk menjual produknya. Dengan memanfaatkan ketiga platform tersebut, SUKA SUKU dapat meningkatkan brand awareness, sebagai media komunikasi, serta media berjualan kepada para pelanggan.

Tujuan Project. Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan sebelumnya, tujuan project yang ingin dicapai oleh penulis, yaitu:

  1. Mengetahui tentang produk yang dimiliki oleh SUKA SUKU
  2. Mengetahui target market dari SUKA SUKU
  3. Mengetahui strategi dan media marketing yang dilakukan oleh SUKA SUKU
  4. Mengetahui SWOT dari SUKA SUKU

Konsep Branding. Konsep pengambangan produk minuman sehat ini diberi nama SUKA SUKU yang merupakan sebuah produk minuman sehat dan tanpa pemanis buatan, yang mengandung 100 persen sari buah kurma, susu sapi murni, almond, dan vanila. Tren minuman kemasan sebagai “teman” dalam segala kegiatan sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia, terlebih karena pandemi COVID-19 yang membuat banyak perusahaan mengharuskan karyawannya untuk bekerja dari rumah dan juga pelajar harus sekolah dari rumah. Duduk depan laptop selama berjam-jam, mereka biasanya butuh asupan atau “teman” untuk menemani aktivitas mereka. Biasanya minuman atau makanan ringan, namun karena kurang beraktivitas dan makanan yang kurang teratur, SUKA SUKU mengambil peluang untuk masuk disana. Manfaat dari mengonsumsi minuman sehat susu kurma dari SUKA SUKU, yaitu:

  • Manfaat Susu Sapi Murni:
    • Membantu Pertumbuhan Tulang
    • Menyehatkan Jantung
    • Menurunkan Risiko Kanker
    • Membantu Pembentukan Massa Otot
    • Menurunkan Risiko Radang Sendi
    • Baik untuk Penderita Anemia
    • Mengendalikan Berat Badan
    • Mencegah Gigi Berlubang
    • Mencegah Diabetes
    • Menjaga Tubuh Tetap Fit
    • Mengatasi Depresi
    • Membantu Penyembuhan Luka
    • Membantu Meringankan Kinerja Otak Besar
    • Menetralisir Racun
    • Meningkatkan Kesehatan Kulit
  • Manfaat Kurma:
    • Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori
    • Melancarkan Sistem Pencernaan
    • Mencegah Penyakit Kronis
    • Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal
    • Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat
    • Jadi Menu Tambahan dalam Diet
    • Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang
    • Melindungi Tubuh dari Peradangan
    • Meningkatkan Kesuburan
    • Mencegah Anemia
  • Manfaat Vanila:
    • Meningkatkan fungsi otak
    • Anti inflamasi
    • Mengontrol sistem saraf
    • Menyembuhkan stres
    • Meredakan mual saat hamil
    • Menurunkan berat badan
  • Manfaat Almond:
    • Kaya Akan Nutrisi, seperti magnesium, vitamin E, protein, fosfor, dll
    • Kaya Antioksidan
    • Menstabilkan Gula Darah
    • Menurunkan Kadar Kolesterol
    • Mencegah Oksidasi yang Berbahaya
    • Menurunkan Rasa Lapar
    • Membantu Menurunkan Berat Badan
    • Baik untuk Kesehatan Kulit
    • Menurunkan Tekanan Darah
    • Menurunkan Risiko Kanker
    • Meningkatkan Kesehatan Tulang

           Dengan manfaat dari ketiga kandungan utama susu kurma SUKA SUKU, semua manfaat diatas dapat dirasakan dalam satu minuman kemasan. Tentunya hal ini jauh lebih baik dibandingkan mengonsumsi kopi susu atau minuman kemasan manis yang tidak terjamin khasiat dan kesehatannya.

Brand Identity

Gambar 1. Logo SUKA SUKU

Identitas brand SUKA SUKU dapat dilihat pada gambar 3.1 diatas. Detail dari logo SUKA SUKU adalah sebagai berikut:

  1. Slogan: Apapun Kegiatannya, Susu Kurma Minumannya
  2. Logo: Terdapat gambar kurma yang melingkari brand SUKA SUKU, serta ada gambar botol yang mengindikasikan kemasan dari produk SUKA SUKU.

Gambar 2 Label Kemasan SUKA SUKU

  1. Warna: Warna Biru Tua dipadu dengan kuning dan hijau.

Brand Image

SUKA SUKU adalah produk minuman botol kemasan yang memiliki konsep simpel, serta mudah dibawah kemana-mana. Kesan itulah yang ingin ditampilkan SUKA SUKU ketika dilihat oleh pembeli. Selain itu, kesan “murah” tapi tidak murahan juga ditonjolkan oleh produk SUKA SUKU, karena botol yang dibilang cukup premium, dan botol kemasan yang dilabeli brand SUKA SUKU.

Brand Equity

Keunggulan dari produk SUKA SUKU dibanding kompetitor adalah karena harga yang relatif terjangkau dan fresh karena pembelian hanya melalui Pre-Order. Jadi ketika membeli produk susu kurma SUKA SUKU, kami akan memastikan produk yang diterima dalam keadaan fresh karena selesai dibuat dan langsung diantar kepada pembeli.

Brand Experience

Dari sisi pengalaman pembeli yang telah membeli dan mengonsumsi susu kurma SUKA SUKU, semua mengatakan bahwa produk ini menyegarkan dan juga menyehatkan. Serta porsi yang tidak sedikitm dan juga tidak terlalu banyak, sehingga pas untuk dikonsumsi harian. Tidak hanya untuk orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengonsumsi minuman ini.  Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan oleh SUKA SUKU dijamin kesegaran dan kualitasnya.

Brand Gap

Sampai sekarang ini, gap yang sering terjadi ketika dalam proses pembelian dan penjualan produk SUKA SUKU adalah:

  1. Kondisi minuman yang harus selalu beku, jadi ketika dikirim dalam jarak yang terlalu jauh, minuman yang diterima oleh pembeli sudah cair. Oleh karenanya, pembeli harus secepatnya memasukkan kembali ke dalam freezer untuk menjaga kualitasnya
  2. Kondisi minuman yang harus selalu beku, mengharuskan konsumen harus menunggu dalam beberapa saat hingga susu kurma mencair dan sia dikonsumsi.

Tools / Media Marketing

Di era serba digital seperti sekarang, memanfaatkan teknologi untuk sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan para pelaku usaha. Mereka memaksimalkan media sosial dan situs web untuk menjual dan memasarkan produk atau jasa mereka. Dengan kata lain, media sosial bukan hanya sekadar update status, menyukai foto orang lain, ataupun membagikan konten semata, melainkan bisa digunakan untuk bisnis. Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, LinkedIn, dan yang terbaru ada Clubhouse dimanfaatkan para pelaku usaha dengan kreatif dan cara mereka masing-masing untuk menjual produk atau jasa mereka. Karena pangsa pasar yang besar, mereka bisa menargetkan hampir semua golongan dan usia, dan tidak terbatas demografi. Selain itu, aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan LINE juga menjadi media komunikasi antara penjual dan pembeli. Disini, mereka bisa berkomunikasi seputar produk dan pelayanannya, dimana aplikasi pesan instan bisa berkomunikasi secara gratis hanya dengan menggunakan internet. Melihat potensi yang besar, SUKA SUKU memanfaatkan media sosial serta aplikasi pesan instan untuk memasarkan produknya. Disini, SUKA SUKU memanfaatkan media sosial Instagram, dan aplikasi pesan instan WhatsApp sebagai tools marketing yang digunakan. Di media sosial Instagram, SUKA SUKU membagikan foto seputar produk dan cara melakukan pemesannya via aplikasi pesan instan WhatsApp. Instagram dari SUKA SUKU bisa diakses melalui aplikasi Instagram ataupun situs web dari Instagram itu sendiri dengan nama akun @suka_suku.id.

Gambar 3. Akun Instagram SUKA SUKU (@suka_suku.id)

Setelah itu, jika konsumen tertarik untuk membeli produk minuman sehat SUKA SUKU, mereka dapat menghubungi kami sebagai penjual melalui aplikasi pesan instan WhatsApp dengan nomor yang tertera pada profil akun ataupun postingan foto.

Gambar 3.3.2 Instagram Post SUKA SUKU

Dengan memanfaatkan kedua tools marketing tersebut, SUKA SUKU dapat menjual produk serta berkomunikasi dengan konsumen kapanpun dan dimanapun.

Kesimpulan. Di zaman sekarang, kondisi tubuh yang tidak sehat karena kurangnya asupan gizi yang tepat serta gaya hidup yang buruk, membuat orang jadi berpotensi untuk terkena berbagai penyakit. Selain olahraga, kita juga harus mengimbanginya dengan makan dan minum yang sehat juga. Terlebih saat pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar bisa terhindar dari virus sangatlah disarankan. Hal ini yang menjadi alasan SUKA SUKU tergerak untuk memberikan minuman sehat dengan berbagai kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

           Susu kurma SUKA SUKU adalah minuman sehat tanpa pemanis buatan yang terbuat dari susu sapi murni, kurma, kacang almond, dan vanila. Dengan setiap manfaat kandungan dari tergabung, menciptkan produk minuman sehat dan menyegarkan yang dikemas dalam botol. Dibuat dalam kemasan botol, bertujuan agar SUKA SUKU dapat menjadi minuman yang bisa menemani segala aktivitas konsumennya kapanpun dan dimanapun.

           Melihat pasar yang masih sedikit untuk bergerak untuk menajajakan minuman sehat seperti susu kurma, kami mengambil peluang tersebut dan mencoba untuk menjadi yang terbaik dalam pasar ini. Memanfaatkan berbagai platform teknologi seperti media sosial, aplikasi pesan instan, dan situs web serta meningkatkan segi pelayanan dan pemasaran berdasarkan hasil analisa SWOT yang telah dilakukan, kemudian mengimplementasikannya sebagai strategi branding yang mampu meningkatkan penjualan dan brand awareness dari SUKA SUKU.