Projek BRANDING: “Fill Me Up”

Brand “Fill Me Up oleh Yeany Nurainy, Mahasiswi Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si. & Tim Pengajar

Latar Belakang. Seiring berkembangnya aktivitas dan mobilitas masyarakat terutama penduduk ibukota saat ini, beragam kebutuhan dasar hidup (primer) sangat berkembang. Dengan maraknya jenis kebutuhan primer banyak pelaku usaha yang beradaptasi untuk memahami kebutuhan masyarakat agar bisa terjangkau dikehidupan sehari hari dan dapat diterapkan untuk pola hidup yang sehat. Penerapan gaya hidup sehat saat ini seakan menjadi tren ditengah masyarakat. Tren menjaga kesehatan juga banyak inovasi dengan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dengan variasi-variasi baru.  Berbagai inovasi terkait gaya hidup sehat semakin beragam. Salah satunya adalah dengan berolahraga, namun sulitnya membagi waktu terhadap kesibukan dan olahraga, seringkali disiatinya dengan cara-cara tertentu yaitu mengatur pola makan atau mengkonsumsi makanan yang lebih bernutrisi untuk menjaga kesehatan. Hal ini yang akhir akhir ini banyak menimbulkan inovasi baru yang lebih banyak mungkin dicari dan memudahkan masyarakat untuk hidup lebih sehat salah satunya adalah dengan melakukan detoksifikasi.

Tubuh manusia terpapar beragam xenobiotic (senyawa asing) seumur hidup, yang bisa diperoleh dari komponen makanan toksin, lingkungan ataupun obat-obatan. Didalam fungsi hati manusia sebenarnya sudah terdapat enzim detoksifikasi yang mampu memetabolisme tubuh untuk mengatur dan menghilangkan xenobiotik secara efisien. Namun, dalam beberapa literatur ilmiah dijelaskan orang yang mengalami gangguan detoksifikasi dapat mengalami penyakit tertentu seperti kanker, parkinson, disfungsi kekebalan, dll.  Faktor makanan, gaya hidup, dan genetic mempengaruhi aktivitas detoksifikasi dalam tubuh manusia (Alten, 1998).

Alten (1988) juga menjelaskan bahwa detoksifikasi dilakukan untuk membuang substansi beracun, membersihkan ginjal dan usus. Salah satu keuntungan dari detoksifikasi adalah memperbaiki fungsi lever, ginjal, dan darah. Selain itu juga menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sistem hormonal, serta mengurangi ketergantungan pada gula, kafein, nikotin, atau alkohol.

Kehadiran jenis kabutuhan primer untuk melakukan detoksifikasi juga sangat beragam. Para produsen saat ini juga terus melakukan riset untuk pengembangan produk yang bisa menjawab kebutuhan penerapan hidup sehat untuk kebutuhan pemenuhan nutrisi tubuh. Berbagai produk seperti makanan dan minuman yang dirancang khusus untuk memenuhi nutrisi harian dan dapat dijadikan sebagai perantara detoksifikasi juga sudah ada dipasaran. Namun, pada kenyataan nya hal ini belum banyak persaingan yang terjadi, sehingga potensi bisnis dari pasar ini masih sangat besar

Tujuan. Berikut paparan tujuan dilakukannya projek pengembangan produk baru Fill Me Up sebagai minuman bernutrisi untuk detoksifikasi:

  1. Memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh sekalipun dengan aktivitas yang padat.
  2. Menjawab tantangan kebutuhan penerapan hidup sehat dengan pola makan / minuman yang bernutrisi khususnya untuk masyarakat yang mempunyai aktivitas & mobilitas yang cukup tinggi.
  3. Memberikan alternatif bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan, detoksifikasi maupun untuk diet dengan mengganti pola makan melalui minuman bernitrisi.
  4. Potensi pangsa pasar yang masih sangat besar untuk digarap, sehingga dengan pengembangan produk ini diharapkan menjadi awal bisnis yang dapat dikembangkan.

Konsep Branding. Konsep pengambangan produk minuman bernutrisi untuk detoksifikasi ini diberi nama Fill me Up yang merupakan sebuah produk minuman sehat dan dibuat mengandung 100 persen buah dan sayur organic yang dirancang untuk detoksifikasi tubuh. Tren minuman detoksifikasi untuk menurunkan berat badan juga meningkat seiring dengan rancangan dari produk ini, karena diet selalu menjadi resolusi utama setiap pergantian tahun / bulan / hari bagi setiap orang. Berikut adalah manfaat yang diharapkan dengan adanya produk minuman Fill me Up:

  1. Membuat tubuh lebih sehat.
  2. Memberikan system pencernaan waktu istirahat dengan mengganti pola makanan sehat yang bernutrisi.
  3. Menurunkan berat badan.
  4. Menyingkirkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.
  5. Membantu regenarsi pembenrukan sel kulit agar lebih bersih dan sehat yang dihasilkan dari nutrisi buah dan sayur.
  6. Meningkatkan kesehatan emosional dengan keseimbangan hormon yang dihasilkan dari nutrisi buah dan sayur.

Fill me Up menghadirkan konsep detoksifikasi melalui minuman cold-pressed juice yang diberikan 1 – 3 hari dalam seminggu dengan kandungan yang vitamin, mineral dan zat gizi yang berasal dari buah dan sayur. Kebutuhan kalori yang dianjurkan adalah 2000 – 2500 Kcal per hari. Fill me Up di buat khusus dengan maksimal 1400 Kcal (angka kalori yang disarankan untuk diet 1200 – 1500 Kcal).

Tabel 2.2.1 Varian, cara konsumsi dan kandungan Fill me Up

Varian

Cara Konsumsi (diminum) Isi Kandungan Nilai Gizi

(per 500 ml)

Morning Booster Jam 08.00 Carrot

Cucumber

Celery

129 Kcal
Power Up Jam 10.00 Strawberry

Banana

Almond Milk

489 Kcal
Full Me Up Jam 12.00 Pear

Dragon Fruit

Cashew Nuts

Chia Seeds

466 Kcal
Fat Flush Jam 14.00 Cucumber

Pear

Kale

Spinach

119 Kcal
Smooth Skin Jam 16.00 Orange

Brocolli

Lemon

Beet

173 Kcal
Stress Relief Jam 18.00 Pineapple

Ginger

Lemon

115 Kcal
Sleep Tight Jam 20.00 100%

Pure Almond Milk

60 Kcal

Manfaat yang bisa dirasakan dari masing masing varian adalah sebagai berikut :

  1. Morning booster: untuk meningkatkan mood dengan meminum jus buah & sayur yang kandungannya cukup ringan dan menyegarkan bagi tubuh.
  2. Power up: sebagai pengganti sarapan dan menambah konsentrasi dengan adanya kandungan pisang, almond dan strawberry yang sangat baik.
  3. Full me up: sebagai pengganti makan siang, namun kalori tetap terjaga.
  4. Fat flush: menghancurkan sisa-sisa lemak yang masih tersisa ditubuh.
  5. Smooth skin: kandungan nutrisi buah dan sayurnya yang memiliki keunggulan untuk memperbaharui sel kulit.
  6. Stress relief: kandungan jus yang menyegarkan untuk mengakhiri kepadatan aktivitas sehari-hari.
  7. Sleep tight: pengganti kebutuhan makan malam dan diharapkan dengan mengkonsumsi susu almond sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur setalah beraktivitas seharian.

Berikut adalah pemaparan dari elemen branding yang terdapat dalam produk Fill me Up:

  1. Logo: Fill me Up diambil dari Bahasa inggris yang berarti “isi aku” sebagai deskripsi dari kebutuhan tubuh manusia untuk selalu diberikan nutrisi yang baik. Gambar daun mencerminkan bahan yang natural.
  2. Slogan: It’s your detoxed life yang mengandung makna jika ingin melakukan detoksifikasi maka disarankan menggunakan produk ini.
  3. Character: gambar buah buahan & kalimat Artisan Detox Drink (100% organic fruits & vegetables) sebagai informasi kandungan utama dari bahan bahan yang digunakan Fill me Up.
  4. Design packaging mencantumkan tanggal pembuatan & expired date, petunjuk penyimpanan, volume isi minuman & gambar ilustrasi bahan yang digunakan.
  5. Tanda hijau bulat menandakan berbahan alami dan & botol yang digunakan berbahan PET yang bisa di daur ulang. Tanda hijau juga digunakan untuk memberi nomor urutan juice yang akan di konsumsi.

Unsur dari elemen branding kemasan ditekankan pada penggunaan gambar buah yang lebih berwarna dan tulisan dengan warna hijau yang mengindikasikan produk natural / alami, serta warna orange untuk memberikan kesan kesegaran setelah mengkonsumsi produk ini.

Selain itu petunjuk penggunaan produk juga diharuskan apabila kemasan sudah terbuka sebaiknya langsung dikonsumsi agar kandungan nutrisi tidak berubah. Berikut adalah gambar design kemasan produk Fill me Up.

Gambar 1. Design Packaging

Karakter dari sebuah merek juga menjadi perhatian khusus untuk pengembangan produk Fill me Up. Berikut adalah karakter yang ditekankan pada produk sehingga dapat dikenal oleh masyarakat :

  1. 100 persen terbuat dari bahan bahan alami.
  2. Diproduksi rumahan sehingga terjamin kebersihannya.
  3. Tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Identitas dalam sebuah merek juga merupakan faktor yang sangat penting.  Pembuat sebuah merek memberikan identitas pada produk atau untuk membedakannnya dengan produk lainnya. Identitas merek Fill me Up dengan produk minuman lainnya adalah minuman yang dibuat dengan metode cold pressed juice dengan manfaat yang memberikan kesegaran untuk detoksifikasi tubuh dan menjaga nutrisi.

Didalam elemen merek juga terdapat brand value (nilai sebuah merek). Brand value adalah nilai total dari berapa banyak orang rela membayar lebih, atau seberapa sering mereka memilih, harapan, ingatan, cerita dan hubungan terhadap satu merek dibandingkan merek yang lainnya. Diharapkan dengan mengkonsumsi Fill me Up konsumen bisa merasakan kebanggaan dengan gaya atau pola hidup yang baru untuk menjaga kesehatan.

Pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi Fill me Up juga menjadi perhatian utama, berikut beberapa manfaat yang diharapkan setelah mengkonsumsi produk:

  1. Manfaat sensorik: merasakan kesegaran yang alami.
  2. Manfaat afeksi: tubuh lebih sehat.
  3. Manfaat behavioral: menimbulkan kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat.
  4. Manfaat intelektual: memberikan pengetahuan kepada konsumen pentingnya detoks.

 Target Market

Faktor yang harus diperhatikan sebelum menetapkan segmen pasar, antara lain:

  1. Ukuran segmen: perkiraan ukuran segmen pasar yang akan dituju merupakan faktor penting dalam menentukan apakah segmen pasar cukup baik untuk ditindaklanjuti. Umumnya, perusahaan besar akan memilih segmen dengan volume penjualan yang besar dan menghindari segemen bervolume penjualan kecil. Sementara, perusahaan kecil cenderung menghindari segemen pasar yang besar karena perusahaan tersebut membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak.
  2. Pertumbuhan segmen: hal ini juga termasuk faktor penting dalam penentuan target pasar. Meski ukuran segmen saat ini relatif kecil, namun tidak menutup kemungkinan akan berkembang pada masa yang kana datang. Karena pada dasarnya, segmen kecil merupakan segmen yang potensial.
  3. Sumber daya perusahaan: perusahaan memperoleh sumber daya dari perusahaan maupun bekerja sama dengan pihak luar perusahaan. Konsekuensi sumber daya yang didapatkan dari kerja sama dengan pihak luar merupakan penghasilan dan resiko perusahaan ditanggung bersama. Bentuk kerjasama dengan pihak luar bisa dijalankan dengan ventura atau product sharing.
  4. Biaya: Sebuah segmen harus disesuaikan dengan aktivitas pemasaran perusahaan. Apabila segmen yang diinginkan tidak sesuai maka sebaiknya tak perlu dilakukan. Untuk itu, identifikasi tentang segmen yang akan dituju dilakukan secara teliti.
  5. Analisis situasi: perusahaan harus menganalisis situasi dengan teliti dan cermat terlebih dahulu. Analisis situasi berhubungan dengan pelanggan, permasok dam distributor.

Untuk menentukan target pasar, perusahaan harus menilai berbagai segmen dengan teliti yang nantinya ditentukan berapa ukuran segmen juga segmen mana yang akan dimasuki perusahaan. Pemilihan segmen yang terlalu sempit dapat mengakibatkan kegagalan dalam mencapai volume penjualan dan laba yang diinginkan. Begitu sebaliknya, apabila segmen terlalu luas maka akan mengakibatkan biaya melebihi kenaikan penjualan dan laba.

Target pemasaran dan segmentasi pemasaran saling berkaitan, setelah dilakukan segmentasi dilakukan maka penetapan target pasar sangat mudah dilakukan. Penetapan target pasar merupakan proses evaluasi daya tarik setiap segemen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.

Dalam projek kali ini target market konsumen merek Fill me Up adalah tidak terbatas semua usia, orang orang yang mengikuti tren terbaru, menyukai petualangan atau ingin mencoba hal baru, orang yang selalu berinovasi dan factor ekonomi di kelas menengah keatas.

Tools / Media Marketing

Pada era internet marketing saat ini, media sosial adalah marketing tools yang sangat efektif dimana kita bisa mengembangkan hubungan online interaktif dengan konsumen. Tujuannya bukan untuk mendapatkan data tentang konsumen, namun lebih pada membangun kepercayaan.

Berbagai jenis platform media sosial sudah sangat banyak seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, Youtube dan yang terbaru adalah Club House. Internet marketing juga mengacu pada aktivitas pemasaran yang hanya terjadi secara online. SEO, atau Search Engine Organization dan periklanan online adalah contoh dari penerapan internet marketing.

Berikut adalah tabel perencanaan media marketing untuk memperkenalkan produk Fill me Up kepada konsumen:

Tabel 1. Perencanaan media marketing produk Fill me Up

Platfrom Tema Materi Jadwal Posting
Instagram Peluncuran IG @Fmu.id Foto produk Pertengahan Juni 2021.
Instagram Informasi kesehatan

Informasi nutrisi, video panduang olahraga, daftar harga, video testimoni dari beberapa konsumen.

1 minggu sekali.
Instagram Promosi Kuis hadiah gratis, kontes foto sebelum dan sesudah mengkonsumsi Fill me Up, program beli 2 paket lebih hemat, dsb. 1 bulan sekali.
SEO / Google Ads Iklan IG Ads, SEO, Tiktok Ads, selebgram. 3 bulan sekali

 

Kesimpulan. Dengan maraknya jenis kebutuhan primer banyak pelaku usaha yang beradaptasi untuk memahami kebutuhan masyarakat agar bisa terjangkau dikehidupan sehari hari dan dapat diterapkan untuk pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan berolahraga, namun sulitnya membagi waktu terhadap kesibukan dan olahraga, seringkali disiatinya dengan cara-cara tertentu yaitu mengatur pola makan atau mengkonsumsi makanan yang lebih bernutrisi untuk menjaga kesehatan. Hal ini yang akhir akhir ini banyak menimbulkan inovasi baru yang lebih banyak mungkin dicari dan memudahkan masyarakat untuk hidup lebih sehat salah satunya adalah dengan melakukan detoksifikasi.

Pengembangan produk merek Fill me Up diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh sekalipun dengan aktivitas yang padat. Menjawab tantangan kebutuhan penerapan hidup sehat dengan pola makan / minuman yang bernutrisi khususnya untuk masyarakat yang mempunyai aktivitas & mobilitas yang cukup tinggi. Memberikan alternatif bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan, detoksifikasi maupun untuk diet dengan mengganti pola makan melalui minuman bernitrisi. Dan melihat potensi pangsa pasar yang masih sangat besar untuk digarap, sehingga dengan pengembangan produk ini diharapkan menjadi awal bisnis yang dapat dikembangkan dalam skala yang lebih besar.