Projek Branding: “CALLA STUDIO”

Brand “CALLA STUDIO” Oleh Yuanita Amalia, Mahasiswi Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si. & Tim Pengajar

Latar Belakang

Membangun sebuah brand merupakan komitmen yang harus persiapkan mulai dari pola pikir, perencanaan, dan ketekunan yang menghasilkan sebuah output atau ide untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi fokus utama dalam membantun sebuah brand, karena pada umumnya pelanggan akan menghargai dan menjaga hubungan mereka dengan brand yang sudah mereka sukai. Oleh karena itu, membangun sebuah brand identity merupakan sebuah jalan yang cukup panjang, tidak mudah dilakukan namun harus ditekuni. Tulisan ini akan membahas mengenai sebuah brand yang baru saja dirilis pada tahun 2021, bernama Calla Studio. Calla Studio merupakan sebuah brand perhiasan atau jewelry yang baru didirikan pada tahun 2021. Awal mula dibangunnya brand ini dikarenakan sulitnya produk perhiasan yang memiliki kualitas yang baik namun dengan harga terjangkau. Hal ini membuat saya dan beberapa teman lainnya memutuskan untuk membuat sebuah brand perhiasan dengan harga yang affordable dan memiliki kualitas yang baik sehingga mampu bersaing di pasaran. Calla Studio sendiri memiliki tagline “everything is celebrated with love”, penggunaan tagline ini ditujukan untuk mengajak orang-orang untuk merayakan setiap momen sekecil apapun dengan kasih sayang, dan salah satu bentuk kasih sayang yang bisa diberikan adalah dengan memberikan Calla sebagai hadiah. Pada umumnya perhiasan identik dengan mahal (khususnya untuk perhiasan yang memiliki kualitas yang baik atau high-quality), hanya digunakan untuk momen-momen tertentu saja seperti pernikahan, engagement, dan anniversary. Oleh karena itu, Calla hadir untuk mengubah konsep itu, Calla hadir sebagai sebuah pesan untuk mengajak orang-orang merayakan setiap momen dengan kasih sayang, serta tidak hanya pada momen tertentu saja, tapi bisa digunakan setiap saat. Secara singkat, tagline Calla ingin memberikan pesan bahwa “Calla adalah sebuah pesan untuk mengungkapkan kasih sayang”

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada awalnya ide tentang Calla hadir dikarenakan oleh sulitnya mencari perhiasan yang memiliki kualitas bagus namun dengan harga yang murah. Nama Calla sendiri memiliki filosofi yang unik, Calla diambil dari sebuah bunga yang bernama Calla Lily, menurut dewi yunani artinya adalah kecantikan atau keindahan. Secara umum bunga Calla Lily sendiri memiliki arti kemurnian, kesucian, dan kesetiaan. Selain itu Calla Lily juga merupakan salah satu bunga yang tumbuh di Afrika Selatan, dan biasanya mekar pada pertengahan musim panas. Hal ini menjadi menarik, karena Afrika merupakan salah satu negara penghasil diamond atau berlian terbaik, “Africa is home to some of the world’s top diamond producing nations, with most of the gem-quality stones mined here since the 1870s”. Nama Calla sendiri menjadi sebuah harapan, agar produk yang diberikan dapat memberikan keindahan kepada setiap orang yang menggunakannya, dan suatu saat nanti Calla dapat memproduksi produk dengan bahan utama berlian.

Tujuan Project

Tujuan dari porject ini adalah untuk menawarkan sebuah produk perhiasan dengan kualitas yang bagus dan memiliki harga yang murah. Calla Studio juga ingin menjadi sebuah pesan untuk mengantarkan rasa kasih sayang kepada siapapun yang membelinya. Sehingga, bukan hanya sekedar menjual produk perhiasan tapi juga sebagai sebuah pesan kasih sayang kepada para pelanggan.

 Object Branding / Project

Visi, Misi, dan Nilai Budaya Brand

Our Goals Setiap brand tentu memiliki visi dan misi untuk kedepannya. Dalam jangka panjang, Calla Studio berharap dapat menjadi sebuah brand yang dikenal oleh banyak orang dan dapat melakukan ekspansi hingga ke luar negeri. Tujuan utama Calla Studio adalah memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika para pelanggan menggunakan produk kami, tidak hanya menunjang penampilan tapi juga memberikan rasa nyaman dan bahagia ketika menggunakannya. Hadir sebagai sebuah pesan untuk mengungkapkan kasih sayang, Calla Studio juga memiliki harapan bahwa suatu saat nanti kami dapat memberikan sebuah produk yang menggunakan material berlian terbaik, sebagai tanda keistimewaan dan keindahan yang mengantarkan pesan kasih saying. Tentang Calla Studio Produk yang kami tawarkan menggunakan material emas 18K dan 24K, dan menggunakan desain gender-neutral. Maksud dari gender-neutral desain ini adalah kami ingin produk kami bisa digunakan oleh laki-laki dan perempuan tanpa membeda-bedakannya berdasarkan jenis kelamin. Kami mencoba untuk membuat sebuah identitas baru di masyarakat, bahwa desain yang kami tawarkan unik dan berbeda. Seringkali, kami temukan, Tujuan utama kami adalah memberikan membuat desain yang gender-neutral.

Product Key Selling Point merupakan keunikan yang membedakan suatu bisnis dengan bisnis lainnya yang sejenis, atau dengan kata lain apa alasan utama konsumen membeli produk kita dan rela mengeluarkan uangnya dibandingkan dengan membeli produk dari kompetitor. Pada umumnya, kompetitor akan menjual produk yang sama, hal ini tentu akan membuat calon pelanggan menjadi bingung untuk menentukan brand mana yang akan mereka beli. Oleh karena itu, kita harus memberikan sesuatu yang berbeda yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya sehingga para pelanggan dapat menentukan brand apa yang memberikan mereka keuntungan dan memenuhi keinginan mereka. Calla Studio memiliki empat product key selling point yang berbeda dari kompetitor lainnya.

Strategi Branding:

  1. Digital Marketing. Memperluas brand awareness di seluruh media sosial dan menggunakan KOL untuk meningkatkan kepercayaan para calon pelanggan.
  2. Website Membuat website untuk mempermudah para calon pelanggan melakukan transaksi dan melihat katalog dari produk-produk kami
  3. Diskon atau Promosi Memberikan diskon atau promosi buy 1 get 1, agar menarik minat calon pelanggan
  4. Kolaborasi dengan Bank Melakukan kerjasama dengan bank tertentu untuk melakukan transaksi agar para calon pelanggan merasa aman dan percaya.

Kesimpulan

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis, maka terdapat beberapa temuan yang menarik dan perlu dikembangkan kembali guna meningkatkan brand Calla Studio. Dalam bidang marketing Calla Studio perlu meningkatkan kembali pada website, karena pada umumnya brand perhiasan akan menggunakan website sebagai channel utama mereka dalam menyediakan katalog. Terlebih, di masa pandemi yang tidak menentu ini, masyarakat lebih memilih untuk membeli secara online. Platform instagram dan facebook sudah menjadi pilihan yang tepat, namun mengingat hampir semua kompetitor sudah memiliki website yang rapih, maka Calla Studio juga harus mempertimbangkan hal ini.