Projek Branding: se.le.sa

Brand “se.le.sa”  Perancangan Sistem E–Commerce Untuk Penjualan Pakaian, Oleh Dhea Anola, Mahasiswi Master of Strategic Marketing Communication Program Studi, Magister Ilmu Komunikasi (MIK)-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si & Tim Pengajar

Latar belakang: Online shop atau bisnis online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi masyarakat. Belanja online sedang menjadi tren dan diminati oleh masyarakat. Tingginya minat masyarakat akan hadirnya solusi belanja online ini akhirnya memicu munculnya berbagai online marketing atau e-commerce yang menawarkan berbagai promo menarik untuk membantu masyarakat belanja dengan lebih cermat serta tidak kalah dalam persaingan sesama online shops lainnya “Fenomena belanja online sedang menjadi tren dan diminati oleh banyak masyarakat”. Jenis bisnis online yang memiliki cukup banyak peminat yaitu bisnis online fashion. Salah satu yang terjun di bisnis online ini adalah “se.le.sa” adalah sebuah brand lokal di bidang fashion wanita yang mulai berkembang sejak awal pandemi covid-19 yaitu Maret 2020. Brand ini bermula dari ketertarikan founder terhadap fashion branded, sehingga muncul lah brand fashion lokal dengan kualitas yang dimaksimalkan sama dengan brand luar. Tentunya dengan harga lebih terjangkau dibandingkan brand luar karena itu menjadi salah satu tujuan terciptanya brand ini. Brand se.le.sa memerlukan untuk memiliki produk yang berbeda dari produk yang ada di pasaran agar Selesa menjadi online shop yang menempati sebuah posisi yang unik di benak konsumen serta membedakannya dengan online shops yang lain. Kemajuan teknologi yang sangat pesat menuntut banyaknya perusahaan agar mengikuti kemajuan teknologi yang ada dengan cara menjadi perusahaan yang bergerak di bidang E-Commerce dalam berjualan, misalnya toko-toko yang biasanya menawarkan barang kepada pelangganya dengan cara menarik pelanggan agar datang langsung ke toko tersebut, namun hal itu sudah tidak diperlukan lagi mengingat zaman yang sudah semakin maju dan dibantu dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat maka sekarang untuk membeli sebuah barang masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ketempat atau ke took-toko tersebut, cukup dengan memegang handphone dapat dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan. Dengan e-commerce, masyarakat yang ingin membeli barang bisa langsung membeli tanpa harus datang ketempatnya langsung. Dengan bantuan komputer maupun smartphone yang sudah terkoneksi ke dalam internet, hal itu dapat memudahkan masnyarakat jika ingin membeli barang. Permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah bagaimana cara penjual bisa mempromosikan, memasarkan, dan menjual berbagai produknya dengan cara mudah dan bisa diakses oleh masnyarakat luas. Perbandiangan dengan cara berjualan yang masih konvesional dengan era sekarang ini adalah kita dapat menjualkan barang- barang kita dengan cara lebih leluasa dan meringankan beban para pembeli jika ingin membeli barang tidak perlu lagi datang ke toko tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya para penjual di zaman sekarang ini sudah bisa menggunakan metode E-Commers, yang merupakan salah satu sistem yang banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin berbelanja namun tidak ada waktu untuk membeli barang secara langsung. Oleh karenanya, toko online merupakan suatu trobosan dan solusi untuk masyarakat.

Brand Philosophy: Your Daily Needs: Maksud dari Tagline Brand Selesa, ingin menyediakan kebutuhan fashion wanita  seperti baju,scarf dan lainnya. Selesa ingin menjadi brand yang dapat memenuhi kebutuhan fashion yang nyaman dan dapat digunakan dalam keseharian. Menciptakan produk dengan warna warna yang neutral sehingva mudah untuk dipadupadankan. Warna kuning memberikan kesan ramah dan hangat. Berbicara tentang warna kuning, mungkin warna ini merupakan salah satu warna yang sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari lampu jalan, tanda garis polisi, kendaraan proyek. Begitu juga yang ingin disampaikan oleh Brand Selesa, yaitu menciptakan keseharian dengan kesan ramah dan hangat tentunya warna kuning juga memberikan pandangan yang mencolok. Selesa dalam bahasa melayu (malay) yaitu Nyaman. Kenyamanan merupakan hal terpenting dalam berpakaian karena dapat menunjang kepercayaan diri seseorang saat menggunakan pakaian tersebut. Mengutamakan kenyamanan agar customer memiliki rasa ketergantungan terhadap produk yang dijual sehingga menghasilkan quantity yang besar. Gambar “Hanger” atau gantungan baju pada logo, melambangkan produk apa yang dijual oleh Brand Selesa, yaitu Pakaian. Selain itu penggunaan hanger juga menjadi trand di era fashion butik Paris. Karena penggunaan Hanger berfungsi untuk menggantungka pakaian

Tujuan Branding: Brand ini ingin menciptakan produk fashion lokal dengan standar high quality. Harga yang terjangkau karena yang ditargetkan ialah quantity sehingga brand ini dapat menjadi kebutuhan sandang customer. Menghasilkan produk yang mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian. Design produk yang diciptakan yaitu simple but classy. Menciptakan online shopping yang terpercaya sehingga customer tidak muncul kekhawatiran ketika melakukan transaksi online.

Digital Marketing Digital Marketing: Online Advertising Media / ADS promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya. Search Engine MarketingUpaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat. Social Media Marketing Edarkan platform di media sosial  seperti Facebook dan Instagram karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.

Kesimpulan: Bahwa Brand “Se.le.sa” akan menjadi produk fashion sesuai dengan taglinenya ialah “Your daily needs” berusaha untuk bisa menciptakan kebutuhan fashion harian wanita dengan standar utama yaitu kenyamanan. Mempertahankan kualitas dan harga sehingga customer akan selalu repurchase. Mengikuti perkembangan dunia fashion agar selalu menciptakan model yang up to date, sehingga customer tetap merasakan kesan simple but classy. Dengan selalu menggencarkan promosi sehingga brand Selesa dapat semakin meluas dan bisa menerapkan strategi yang telah dirancang dan disusun dengan baik.