Projek Branding: Pilihan Pertama Coffee

Brand “Pilihan Pertama CoffeeOleh Chaerani Agustin , Mahasiswa Master of Strategic Marketing Communication, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK)-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si & Tim Pengajar.

Latar Belakang Project: Pada proses pembuatan suatu produk branding yang akan penulis rencanakan dalam Makalah ini, sebagai bentuk penambahan wawasan agar dapat sesuai dengan ekspektasi, penulis menggunakan beberapa referensi yang berkaitan dengan pembuatan produk branding, sehingga, dalam makalah ini mendapatkan informasi yang valid dari penemuan wawasan sesuai dengan bidang produk branding berdasarkan buku atau informasi terpercaya. Penulis menggunakan buku pendamping bagi pemula dalam pembuatan suatu produk branding, yaitu menggunakan buku ‘’branding for dummies’’. Penulis memiliki rencana untuk membuat product branding dalam kategori minuman (beverage) yang sedang trend pada saat ini, dan di masa pandemic covid19. Dari riset yang penulis dapatkan, bahwa produk kopi semakin melonjak untuk membuka suatu usaha dari berbagai macam dari variasi nama kopi itu sendiri, dan yang di maksud adalah nama pemberian dari pembuat bisnis produk kopi. Dan, selain itu, penulis juga mendapatkan buku sebagai referensi mengenai kopi (coffee) sesuai dengan rencana awal penulis untuk membuat product dengan branding kopi. Kopi juga mulai ada dari tahun 1880-an – 1930-an dari berbagai negara.

Berdasarkan buku ‘’coffee’’ asal mula kopi itu berasal dari negara Hawaii – Papua New Guinea sesuai dari peta yang dibuat oleh Lara Thurston, seorang penemu/ peneliti, dari perkembangan Kopi, dari International – Indonesia. Pada permulaan decade kopi yaitu bermula dengan harga (40 cents a pound in New York) bertepatan pada tahun 2004, berkisar 755,814.40 Indonesian Rupiah. Konsumer juga mulai merasakan kopi pada saat itu karena mengikuti trend yang terjadi di Amerika serikat, dengan sebutan ‘’ US Coffee Consumption- a nation goes soft’’, berdasarkan NGO Oxfam menemukan pada tahun  1970, dengan Amerika meminum 36 Galon setiap orang pada setiap tahun. Oleh karena itu, Kopi sudah menjadi tradisi bagi rakyat Amerika dan budaya public di U.S. Kopi juga memiliki perubahan dari setiap wajah konsumen, yang dimaksud adalah berdasarkan dari negara Amerika, British, German, Colombian, Kenyan, dan Indonesia. Kopi mulai menjadi trend hebat bermula dari adanya coffee shop ‘’Starbucks’’ hanya dengan tempat terpencil sekitar 2,000 lokal, dan minim nya pembeli saat tahun 1980s – 2008s. Amerika saat itu sudah dapat mencapai 27,715 pembeli oleh pecinta kopi. Sehingga ‘’starbucks’’ menjadikan nama specialty coffee outlets. Telah mencapai 11,100 atau 47 persen cabang perusahaan ‘’Starbucks’’. Berdasarkan informasi diatas dapat diambil sebagai ide yang digunakan bagi penulis untuk membuat brand baru yaitu ‘’Pilihan pertama coffee’’ yang penulis jadikan sebagai kopi buatan sendiri dengan resep rahasia, namun harga terjangkau untuk kalangan mahasiswa dan pekerja. Untuk saat ini, pecinta kopi semakin banyak yang menyukai, karena minuman kopi sangat cocok untuk teman bekerja, kuliah, dan pada saat santai. Pilihan pertama coffee juga menggunakan bahan kopi bubuk berasal dari Tapanuli – Sumatera Utara. Yang di kembangkan, di ramu menjadi sebuah hidangan minuman kopi, sehingga kopi ini, dengan bahan yang natural, bisa dikonsumsi untuk semua usia, karena bahan pendukungnya menggunakan susu putih, dan itu aman untuk segala kalangan. Pilihan pertama coffee juga sudah launching di tahun 2020 ini, dengan memiliki akun Instagram @pilihanpertamacoffee, kopi ini ditemukan pertamakali oleh (Founder) kakak pertama (kakak kandung). Dan, penulis sebagai Co- Founder untuk menjalankan bisnis ini, hingga nanti bisa mendapatkan hak paten sederhana, jika brand pilihan pertama coffee ini sudah jadi, dan banyak dikenal oleh semua khalayak pecinta kopi. Namun, brand kopi ini masih tersedia jual daerah Cikarang – Bekasi dan Bogor.

Sumber: Pilihan Pertama Coffee (@pilihanpertamacoffee) • Instagram photos and videos

Berikut screenshot sample dari reviewer pembeli ‘’Pilihan Pertama Coffee’’, mereka sebagai pelanggan utama yang sangat excited saat kopi ini launching.

Pada screenshot ini, ‘’Pilihan Pertama Coffee’’ ada produk kopi baru, dengan varian rasa baru dan tidak mengurangi rasa segar pada kopi. ‘’Pilihan pertama coffee’’ bermula dengan harga Rp. 15.000 – Rp. 60.000. dan mengapa menjadikan nama brand ini ‘’Pilihan pertama coffee’’ untuk menjadikan pilihan pertama yang dicintai oleh pecinta kopi dari seluruh khalayak pecinta kopi.

Tujuan Project: Tujuan pembuatan project branding ini untuk membangun branding baru dari ‘’Pilihan pertama coffee’’ agar bisa dikenal dan diketahui oleh seluruh khalayak pecinta kopi. Dikarenakan branding produk ini masih sangat baru, dan sangat minim yang belum tahu adanya produk ini. Sehingga penulis sebagai Co-Founder ‘’Pilihan Pertama Coffee’’ ingin membuat brand pada produk ini bisa dikenal di khalayak luas. Dari, satu bagian tim yang mendukung kesuksesan dari produk branding ini. Dalam proses pengembangan branding baru, sebagai merintis dari kesuksesan sebuah produk yang masih di bangun, sehingga masih banyaknya berusaha dalam mengembangan suatu usaha bisnis. Dengan adanya ‘’Pilihan Pertama Coffee’’, untuk memberikan kemudahan pengingat kepada pelanggan untuk tetap bertahan dan tidak beralih ke produk lain. Namun, penulis paham tidak semudah itu untuk menjaga pelanggan dari produk branding baru. Maka, satu tujuan penulis membuat projek ini agar bisa menjaga tali kekuatan agar pelanggan bisa tetap stay di produk ini. Untuk membangun produk ‘’Pilihan Pertama Coffee’’ banyak hal yang harus diperhatikan dari segi packaging, rasa, dan ukuran dari setiap partikel komposisi kopi nya tersebut.  Saat produk pertama launching ‘’Pilihan Pertama Coffee’’ masih banyak kekurangan berdasarkan dari satu sample reviewer pembeli pertama produk ‘’Pilihan pertama coffee’’, yaitu, dari reviewer jujur dari pembeli pertama: Kalo menurut saya,Rasanya terlalu manis untuk sebuah kopi ya,Kurang kuat aroma kopinya, Mendekati rasa-rasa kopi susu (Anggara Aji Prasetya). Namun, untuk selanjutnya kopi sudah di perbaiki lagi dari komposisi rasa, dan ukuran dari setiap komposisi. Branding baru pada produk ‘’ Pilihan Pertama Coffee’’ pada saat ini sudah berhasil terjual 50 botol kopi ‘’ Pilihan Pertama Coffee’’. Produk kopi ini juga sudah memiliki varian baru dengan perbedaan jumlah kopi. Yaitu dengan nama: Kopi Tuan dan Kopi Nona.  Sebagai progress pengembangan usaha dari produk ‘’Pilihan Pertama coffee’’. Dengan adanya dari matakuliah branding, sangat membantu untuk mengembangkan bisnis dari branding baru, dari produk ‘’ Pilihan Pertama Coffee’’ agar dapat dikembangkan kembali, sehingga bisa tersusun dengan rapi, bahkan dapat mengetahui dari apa yang kekurangan dari produk kopi yang sedang di bangun ini.

ELEMENT OF BRANDING: Produk branding baru pada produk hidangan kopi, dengan bahan utama bubuk kopi yang berasal dari Tapanuli – Sumatera Utara, dengan bahan tambahan bubuk gula merah semut, dan sedikit bahan susu putih dengan merek UHT. Kelebihan dari produk branding ‘’pilihan pertama coffee’’ adalah cocok untuk teman bekerja, teman kuliah, dan juga untuk kalangan remaja hingga dewasa. Kopi ini tidak pahit dari kopi biasanya, namun Kopi ini dibuat dengan varian rasa kopi yang lembut. Produk kopi ini mulai ada pada tahun 2020, dengan penemu  dari kaka kandung pertama sebagai founder, sebagai co-founder kaka kedua dan penulis (anak ke 3).

  1. Brand Name : Pilihan pertama coffee
  2. Logos dan symbol : Cangkir kopi, dan Tangan
  3. Warna : Cokelat dan hitam

Asumsi dari brand name adalah sebagai pemilihan kopi pertama yang dipilih oleh khalayak pecinta kopi, dan sebagai kopi pilihan pertama, dari produk kopi lainnya, sehingga, kopi ini bisa di asosiasikan sebagai  teman konsumsi dari berbagai kondisi. Kopi ini untuk menjadikan yang terdepan dan paling di ingat untuk masyarakat, dengan harga yang sangat friendly dari kisaran Rp. 15.000 – Rp. 60.000. bisa di hidangkan dalam bentuk es kopi atau kopi panas, tergantung berdasarkan dari pemesanan dari setiap pelanggan. Kedua, asumsi penulis terhadap logos dan simbol dari ‘’pilihan pertama cofffee’’ dari lambang cangkir adalah perjamuan minuman kopi bersama kawan atau keluarga/kolega. Dan, asumsi terhadap tangan, sebagai menikmati hidangan kopi pilihan pertama, bersam teman, cocok dihidangkan untuk dalam keadaan santai. Ketiga, asumsi penulis terhadap warna cokelat pada latar warna logo yaitu, bentuk campuran dari warna bubuk kopi tapanuli, gula merah semut, dan campuran susu, menjadi warna coklat muda. Dan hitam, warna utama dari biji kopi biasanya, sehingga tidak menghilangnya dari warna permulaan biji kopi.

Karakter: Karakter pada simbol dari makna logo ‘’pilihan pertama coffee’’ adalah sebagai bentuk asumsi dari perjamuan kopi bersama rekan kerja dan atau teman/keluarga, dan berbincang ringan dengan setiap pencinta kopi, menikmati bersama. Karakter pada kopi ini tidak keras dan pahit, namun adanya perpaduan rasa dari bahan susu putih dan bahan gula merah semut, menjadi manis pahit susu, sebagai perpaduan yang imbang, sehingga rasa kopi menjadi unik, tidak seperti kopi hitam atau kopi susu pada biasanya. Karakter kopi ini bisa di bagi menjadi dua bagian yaitu, jika karakter kopi Tuan, rasa kopi lebih pekat dan biasanya cocok untuk pekerja keras yang sering bergadang, komposisi kopi lebih tinggi. Jika karakter kopi Nonna lebih ringan dalam komposisi kopi, namun ada tambahan pada bahan susu putih, menjadi lebih ringan, namun dominan dengan rasa manis susu dan gula merah semut, biasa nya cocok untuk pencinta kopi yang tidak suka komposisi kopi tinggi.

Logo:

TARGET MARKET: Produk Pilihan Pertama coffee. Target market atau tujuan pasar yang akan di gunakan oleh penulis untuk mengedepankan produk kopi pilihan pertama sebagai mendapatkan alur yang sangat baik untuk memberikan kemajuan dari menjual sebuah produk dalam branding baru. Dikarenakan untuk mengetahui dari pentingnya produk ini akan di konsumsi untuk kalangan usia berapa, namun, dari berbagai informasi yang penulis baca dari beberapa jurnal, atau internet, mengatakan, bahwa produk kopi juga banyak disukai, oleh karena itu banyak pembisnis baru membuka bisnis dengan produk kopi. Berdasarkan target market pada produk branding ‘’pilihan pertama coffee’’ dengan fokus utama yang dituju adalah kalangan mahasiswa, pelajar, pekerja, dan masyarakat umum, dikarenakan kalangan pencinta kopi sangat luas, dapat di hidangkan oleh setiap kalangan, bahkan, kopi juga menjadi suatu produk yang sangat di minati untuk setiap kebutuhan, seperti untuk menahan kantuk jika sedang mengejar suatu deadline, atau tugas yang tidak bisa di tinggalkan. Produk kopi sangat banyak mengkonsumsi sebagaimana dari penelitian terdahulu adanya manfaat dari hidangan kopi, agar bisa memberikan rasa timbul semangat dan menghilangkan rasa mengantuk.

TOOLS / MEDIA MARKETING: Produk branding baru pada ‘’pilihan pertama coffee’’ menggunakan media promosi instagram yang paling banyak digunakan untuk setiap usia, dan lebih friendly dalam melakukan promosi, ataupun dari proses pemesanan. Dan juga, pelanggan bisa melakukan story instagram dan mention ke @pilihanpertamacoffeee. Untuk memberikan promosi dari pelanggan yang telah mengkonsumsi kopi tersebut, dari bermula posting story, maka setiap luar follower @pilihanpertamacoffee bisa menarik perhatian untuk mencoba membeli produk @pilihanpertamacoffee. Proses pemesanan pun dalam bentuk Pre-order, bisa melalui direct message instagram atau pun chat whatsapp.

Strategi Branding:

  1. Branding Identity. Branding identity terhadap ‘’Pilihan pertama coffee’’ memiliki identitas yang digunakan sebagai pengingat terhadap pelanggan, sehingga produk coffee bisa menjadi satu acuan terhadap pelanggan, sesuai dengan lambang kedua tangan berbeda pada logo, sebagai sebuah ikatan pelanggan dan ikatan dengan pembisnis, saling mengikat, saling memberikan support satu sama lain. Sesuai dengan nama pada logo ‘’pilihan pertama coffee’’ agar produk kopi menjadi sebuah produk pilihan pertama di mata pelanggan, sebagai komunikasi antar pelanggan berdasarkan dari produk kopi tersebut, sehingga pandangan pelanggan terhadap produk semakin dekat, ketika melihat dari first impression dari nama ‘’pilihan pertama coffee’’ menjadi sebuah daya tarik yang unik berdasarkan logo.
  2. Branding Personality. Berdasarkan branding personality terhadap produk ‘’pilihan pertama coffee’’ menjadikan sebuah nama yang bisa sebagai tanda pengenal (sama seperti branding identity).
  3. Branding Loyalty. Produk pilihan pertama coffee memiliki variasi rasa sesuai dengan selera pelanggan. Diberikan contoh sample rasa dari Kopi Tuan dan Kopi Nonna
  4. Brand Awareness. Produk pilihan pertama coffee menggunakan media sosial, karena kebanyakan dari platform instagram. Mempermudah pelanggan baru untuk memesan/ order dari produk pilihan pertama coffee
  5. Branding Positioning Branding positioning dari produk brand baru ‘’Pilihan pertama coffee’’ untuk mengenalkan kepada khalayak bahwa ada kopi baru dari bahan bubuk berasal dari Tapanuli – Sumatera utara, dengan tambahan bahan gula merah semut, yang menambahkan imunitas bagi kesehatan, dan tidak menimbulkan efek samping yang membuat sakit pada tubuh. Maka pada produk kopi ini menggunakan bahan organik. Mengutamakan kebutuhan pelanggan, dan sekaligus memberikan informasi singkat mengenali bahwa adanya kopi baru, dengan bahan organik. Dan, beda dari produk kopi perusahaan lain/kedai lain. Maka dengan demikian, adanya saling terikatan dalam memberikan perkenalan suatu produk terhadap pelanggan. Produk pilihan pertama coffee masih kedalam produk new branding dimana produk tersebut masih pada garis horizontal (produk new branding).

Kesimpulan, bahwa produk kopi pilihan pertama adalah produk kopi terbaru yang baru dibuat pada tahun 2020. Produk ini memiliki target pasar bagi semua usia, dan semua kalangan, namun, masih minimnya khalayak luar mengenal kopi pilihan pertama, produk ini menggunakan platform instagram sebagai platform pengenalan yang digunakan oleh pemilik kopi pilihan pertama. Produk ini menggunakan bahan alami dari bubuk kopi asal Tapanuli sebagai khas dari rasa kopi pilihan pertama dengan campuran susu segar, sehingga memberikan kandungan yang bisa menyehatkan tubuh, menambahkan imunitas tubuh.