Projek Branding: my tablet dan my wellness

Rebranding “my tablet” and New Brand “my wellness” Oleh Freddy Slamet Winardi, Mahasiswa Master of Strategic Marketing Communication, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK)-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si & Tim Pengajar.

Latar Belakang Project: Berdasarkan pengalaman penulis yang telah bekerja di beberapa perusahaan retail di Indonesia khususnya di Surabaya dan Jakarta baik di industri selular, furniture designer store, fitness center, alat musik termasuk tempat kursus bermusik dan didasarkan hobi penulis di dunia diecast atau mainan miniatur dan sebagai salah seorang penggemar olahraga termasuk cukup peduli tentang menjaga keseimbangan antara sports dan nutrisi, penulis melihat banyak hal yang dapat dilakukan dan diberikan penulis kepada para masyarakat yang bisa disebut sebagai pelanggan atau konsumen. Hal ini yang mendasari penulis untuk membangun sebuah CV yang dinamakan CV. Suwinjadi Semesta pada bulan Januari 2013 yang berfokus pada general trading. Salah satu brand yang berada di bawah CV. Suwinjadi Semesta adalah brand my tablet yang bergerak di bidang retail handphone termasuk aksesoris, mainan, olahraga dan kesehatan dan fashion. Adapun lokasi kantor pusat adalah di Jakarta Selatan dan cabang perdana yang dibuka adalah di Bogor Trade Mall lantai 2 Blok A09 No.002-003. Setelah beberapa tahun beroperasi dan dikarenakan kesibukan penulis bekerja juga maka pada tahun 2018 CV. Suwinjadi berhenti beroperasi sementara. Selama tahun 2018 sampai dengan saat ini, penulis memfokuskan diri pada kesehatan karena penulis mengalami obesitas atau kegemukan sehingga dokter setelah melihat hasil general check meminta keras untuk merubah pola hidup dan harus menurunkan berat badan dengan olahraga.

Setelah 2 tahun menjalani pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi nutrisi dari berbagai macam protein sehingga bisa menurunkan berat badan sampai dengan 25 kilogram, penulis berkeinginan untuk membuka tempat fitness dengan nama sendiri dan berencana untuk membuat brand makanan dan minuman sehat dengan nama my wellness. Rencana penulis ini sempat terhalang dengan adanya pandemi Covit 19 yang melanda dunia dan juga Indonesia tempat penulis bertempat tinggal. Seiring penyebaran pandemi Covit 19 membuat banyak usaha yang harus mengevaluasi semua rencana marketing termasuk melakukan efisiensi dan efektifitas biaya. Penulis menyadari pentingnya untuk memperdalam dan menguasai teori, strategi dan penetrasi komunikasi khususnya secara digital marketing. Inilah yang membuat penulis memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah dan bergabung di Magister Ilmu Komunikasi Binus Batch 10. Salah satu mata kuliah adalah Branding in Strategic Communication dimana penulis menuangkan semua rencana yang selama ini terhambat dan dalam makalah ini penulis akan melakukan Rebranding my tablet sebagai old brand dan menciptakan New Brand dengan nama my wellness bagian dari grup CV. Suwinjadi Semesta.

Sebagai salah satu pilot project bahwa penulis akan membuat dengan kapasitas mikro yaitu susu kedelai organik dengan rendah gula dengan menggunakan gula batu bernama Soy my wellness Seperti yang kita sudah ketahui bahwa banyak manfaat susu kedelai, dari kesuburan hingga cegah kanker. Susu kedelai sering menjadi pilihan alternatif untuk seseorang yang intoleransi laktosa terhadap susu sapi. Orang-orang yang beralih menjadi vegetarian pun memilih susu kedelai sebagai pelengkap nutrisi. Meski berasal dari biji-bijian, kandungan susu kedelai juga tak kalah bagus dari susu sapi. Bukan itu saja, susu kedelai tergolong memiliki umur simpan yang lebih lama daripada jenis susu lainnya. https://www.halodoc.com/artikel/rutin-minum-susu-kedelai-ini-manfaatnya-untuk-kesehatan.

Tujuan Project: Adapun tujuan dari project ini adalah agar penulis dapat memberikan manfaat kepada masyarakat pada umumnya dan untuk memenuhi tugas mata kuliah Branding in Strategic Communication dari dosen Bapak Dr.Muhamad Aras, S.Pd.,M.Si. Selain itu, dalam makalah ini penulis bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan tentang Rebranding my tablet and New Brand my wellness from CV Suwinjadi Semesta para para pembaca. Manfaat yang diberikan oleh my tablet dan my wellness adalah mengedukasi masyarakat pada umumnya dengan memberikan informasi yang berguna perihal selular, aksesoris gadget, mainan dan dunia kesehatan khususnya suplemen yang dibutuhkan oleh para penggemar olahraga yang bertujuan untuk pembentukan badan yang proporsional dengan komposisi yang tepat termasuk menyediakan fasilitas gym atau aplikasi yang memudahkan semua penyuka olahraga untuk mengakses semua gym yang ada di Indonesia  melalui aplikasi dan penulis akan mengaktifkan kembali akun Facebook dengan nama Suwinjadi Semesta dan membuat akun Instagram bernama Suwinjadi Semesta yang berisi brand my tablet dan my wellness ( under CV.Suwinjadi Semesta ) yang berisi informasi sehubungan dengan kesehatan, olahraga, makanan dan minuman sehat, supplement yang cocok untuk semua pengguna dan juga informasi produk yang akan dipasarkan oleh my wellness dan apabila tidak ada halangan dan kondisi karena pandemi sudah membaik penulis berencana akan membuka store yang tadinya adalah cabang dari my tablet di Bogor Trade Mall sebagai store flagship dan sebagai stockiest. Rencana lainnya adalah akan menjadi reseller untuk brand Kutus Kutus untuk area Bogor dan sekitarnya dan juga sebagai reseller untuk salah satu brand susu supplement untuk keperluan pembentukan otot dan diet natural. Sebagai salah satu pilot project bahwa penulis akan membuat dengan kapasitas mikro yaitu susu kedelai organik dengan rendah gula dengan menggunakan gula batu bernama Soy my wellness.

Elements of Branding:
Brand Name: Filosofi dari brand my tablet, kata my tablet  digunakan penulis karena setiap orang membutuhkan minimal 1 unit          gadget untuk berkomunikasi dan 1 unit tablet untuk melakukan browsing di dunia maya untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang segala hal. my tablet  datang untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan baik untuk mendapatkan informasi produk, harga, ketersediaan stok dan kemudahan metode pembayaran. Filosofi dari brand my wellness dipilih penulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi, rekan-rekan dekat dan masyarakat umum yang belum menyadari pentingnya kesehatan dan masih banyak yang tidak tahu bagaimana caranya untuk bisa sehat. my wellness  hadir  dengan solusi menghadirkan alat-alat, makanan minuman kesehatan dan tempat gym yang berkualitas dan bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Sebagai salah satu pilot project bahwa penulis akan membuat dengan kapasitas mikro yaitu susu kedelai organik dengan rendah gula dengan menggunakan gula batu bernama Soy my wellness. Alasan penulis memberi nama tersebut karena penulis menggunakan susu kedelai dari bahan organik dan menggunakan gula batu.

Logos and Symbol:

Gambar: Logos and Symbol

Warna yang digunakan adalah merah, putih, kuning, hijau dan biru. Logo yang terdiri dari penulisan logo my tablet dan soy my wellness menggunakan huruf kecil dan menggunakan warna-warna yang memiliki arti down to earth dan penuh keriangan. Ini berhubungan dengan brand personality yang sudah terbentuk yaitu sincerity dan competence. Sincerity dimaknai sebagai ketulusan dari penulis dengan rendah hati, kejujuran, kesehatan dan keceriaan dalam menjalankan aktivitas dalam melayani pelanggan. Competense mengandung arti bahwa brand my tablet dan soy my wellness dapat dipercaya, memiliki kecerdasan, melambangkan kesuksesan dan kerja keras. Simbolnya memiliki arti gambar lingkaran yang terbagi 2 di CV. Suwinjadi Semesta adalah pencerminan dari yin dan yang,  sebuah filosofi hidup yang berasal dari China. Filosofi yin dan yang mengandung arti hidup yang seimbang yang percaya bahwa  tiap hal memiliki 2 unsur yang berlawanan namun justru hal itu yang menyatukan kedua unsur tersebut.Segala sesuatu tidak dapat berdiri sendiri tanpa didampingi hal yang berkebalikan dengannya.

Slogans:
Slogan : The Sky is the Limit
Warna :  Merah, putih, kuning, hijau dan biru.
Logo    :  Penulisan logo my tablet dan my wellness menggunakan huruf kecil dan menggunakan warna-warna yang memiliki arti down to earth dan penuh keriangan. Dan akan menggunakan brand character Kebersamaan dan kesenangan (belonging & enjoyment): tipe lover, jester dan everyman

Packaging: Untuk packaging akan menggunakan recycle bag dgn logo dan simbol brand  my tablet dan my wellness. Tidak menyediakan plastik belanja dan menggunakan kertas wrapping yang bisa di daur ulang. Untuk packaging soy my wellness, itu terdiri dari botol plastik ukuran 470 ml dengan logo soy my wellness dengan penjelasan bahan-bahan susu kedelai organik, berkualitas dan menggunakan gula batu. Tersedia informasi di Instagram, Facebook dan nomor customer care yang bisa dihubungi untuk informasi dan pemesanan.

Gambar: Packaging.

3.2 Target / Market:
Target market dari brand my tablet dan my wellness adalah :
– Usia: 12 tahun s/d tidak terbatas
– Tempat tinggal: Di perkotaan termasuk area suburban
– Jenis Kelamin: Pria dan Wanita
– Tingkat Pendapatan: > Rp 3.500.000 per bulan
– Pekerjaan: Pelajar, Ibu Rumah Tangga, karyawan dan wiraswasta
– Kebiasaan: Pola hidup sehat dan vegan.

Tools / Media Marketing
Social Media
– Facebook
– Twitter
– Instagram : Insta story, feed, IG TV dan Linktree
– Youtube
– WhatsApp
– Pertemanan 

Strategi Branding: Strategi Branding yang akan digunakan adalah Brand Recognition, Individual Branding, Brand Extension, Attitude Branding, Crowdsourcing, Private Labels dan “No Brand” Branding. Tips untuk branding yaitu membuat landing page WordPress ( bila sudah memiliki website ), buat sense of urgency dalam bentuk copy, gunakan foto sebagai background landing page, gunakan foto orang untuk menarik perhatian dan mewakili target pasar yang disasar, sediakan tombol CTA sudah spesifik dan memudahkan pelanggan. Opsi A/B Testing dimana tombol CTA perlu diberi warna lebih kontras. Warna putih dan sedikit transparan, misalnya, agar lebih kentara. Keep in touch dengan pelanggan melalui chat via whatsapp, DM di IG, twitter atau Youtube. Aktifkan semua media online dengan sering membuat content berguna. Menawarkan bantuan ke customer dengan diskon khusus pelanggan, member get member, menyediakan produk baru yang sedang dibutuhkan saat ini. Aktif dalam kerjasama yang bersifat kemanuasian menangani pandemi. Buat baksos dengan  melibatkan komunitas-komunitas dengan membagikan goodie bag berlogo brand.