Projek Branding: Dapur Shesil

Brand “Dapur Shesil”  Oleh Shela Monica  Mahasiswa Master of Strategic Marketing Communication, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK)-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si & Tim Pengajar.

Latar Belakang. Indonesia merupakan Negara dengan banyak kepulauan dan memiliki berbagai aneka ragam kekhasan dan keunikan yang ada di dalamnya. Hal ini terletak terutama pada budaya, suku bangsa, agama, bahasa dan makanannya. Berbagai macam bahasa digunakan dan semua berbeda antara satu pulau dengan pulau lainnya. Begitu pula dengan makanan. Semua makanan Indonesia sangat beraneka cita rasa dengan kekhasan yang unik juga. Salah satu pulau yang cukup terkenal akan keunikan Bahasa dan makanannya adalah pulau Sumatera. Pulau yang sangat berdekatan dengan pulau Sumatera adalah pulau Bangka-Belitung. Pulau Bangka dan Belitung sesungguhnya merupakan dua pulau yang terpisah, namun hanya. Pulau Bangka merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang terkenal akan warisan alamnya yaitu pantainya yang indah. Selain itu, Bangka juga terkenal dengan makanannya yaitu spesialis pada seafood. Hampir semua makanan khas Bangka terbuat dari ikan atau udang atau cumi. Seperti pempek, tekwan, bakmie asem manis, songsui, dan masih banyak lagi. Karena kekhasan dari makanan-makanan ini, sehingga banyak pula peminatnya, tidak hanya dari para masyarakat Bangka, tetapi banyak juga dari lain pulau atau kota. Namun, makanan-makanan ini masih sangat sulit dicari, terutama di Jakarta. Para penikmat kuliner harus terjun langsung ke pulau Bangka untuk dapat mencoba makanan khas Bangka ini. Akibat pandemi yang sedang melanda, seluruh dunia terkena dampaknya. Tidak terkecuali Indonesia, sehingga para penikmat kuliner tidak dapat mencoba langsung untuk berkunjung ke Bangka dan kota-kota wisata lainnya untuk menikmati kuliner khas masing-masing kota. Sejak pandemi, semua teralihkan menjadi online. Dari pekerjaan, pertemuan, pembelian barang, dan pemesanan makanan semua dilakukan melalui online. Melihat berbagai keadaan sosial yang ada saat ini, maka muncullah dibenak penulis ide untuk mendirikan brand atau merek makanan yang dapat dinikmati secara online dan namun juga harus tetap memiliki suatu kekhasan. Karena kecintaan penulis akan kuliner, makanan, dan Bangka, maka penulis memutuskan untuk membuat restoran online yang menjual makanan khas Bangka dan terletak di kota Jakarta. Makanan dibuat secara homemade atau rumahan dengan cita rasa khas Bangka dan harga yang terjangkau. Karena keadaan inilah, maka dibentuklah brand atau merek “Dapur SheSil” untuk memenuhi keinginan para penikmat kuliner untuk mencoba dan merasakan makanan khas Bangka. Juga untuk para perantau asal Bangka yang ada di Jakarta untuk memenuhi kerinduan mereka akan makanan Bangka.

Tujuan Project: Tujuan utaman dari project yang dibuat ini adalah untuk memenuhi tugas akhir atau final project mata kuliah Branding in Strategic Communication. Namun, selain itu, terdapat beberapa tujuan lainnya yang dijabarkan sebagai berikut: (1) Menciptakan brand atau merek sendiri untuk memenuhi tugas akhir atau final project mata kuliah Branding in Strategic Communication; dan (2) Menciptakan brand atau merek sendiri sehingga dapat dipasarkan secara luas dan diterima oleh masyarakat.

Elements of Branding: Elemen branding merupakan poin-poin yang terkandung dalam sebuah brand atau merek. Berikut ini adalah elemen-elemen branding dari project ini.

Brand Name: Nama brand atau merek dari project yang dibuat oleh penulis ini adalah bernama “Dapur SheSil”. Arti dari nama “Dapur SheSil” sendiri adalah sebagai berikut.

  • SheSil adalah gabungan dari singkatan nama depan owner (Shela) dan ibu owner (Silvia).
  • Dapur merupakan tempat untuk

Brand Slogan: Slogan brand dari project yang dibuat oleh penulis ini adalah bernama “Spesialis Makanan Khas Bangka”. Slogan ini dibuat dengan beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Menunjukkan bahwa semua makanan yang dijual atau disajikan atau disediakan pada “Dapur SheSil” adalah makanan-makanan khas atau asli Bangka.
  • Sulitnya mencari makanan khas Bangka terutama di daerah
  • Owner merupakan keturunan asli dari keluarga yang berasal dari Bangka, sehingga mengenal makanan-makanan
  • Kesukaan owner terhadap makanan, terutama makanan khas

Brand Logo & Symbol:

  1. Brand Logo

Brand logo dibuat sedemikian rupa agar dapat menggambarkan dan meepresentasikan merek yang sedang diperkenalkan. Berikut ini merupakan gambaran mengenai logo yang menjadi logo dari merek “Dapur SheSil”.

Gambar: Brand Logo Dapur SheSil

  1. Brand Symbol
    • Sendok, garpu, sumpit, dan centong sebagai elemen yang merupakan alat- alat yang digunakan untuk makan dan membuat makanan yang
    • Alat-alat makan disusun berbentuk seperti rumah karena semua makanan yang dijual dibuat secara homemade atau rumahan.
    • Gambar ikan dan udang sebagai tanda kekhasan Bangka yaitu terletak pada seafood. Selain itu juga makanan yang dijual di “Dapur SheSil” menggunakan bahan-bahan seafood terutama ikan dan
    • Slogan Spesialis Makanan Khas Bangka dimaksudkan semua makanan yang dijual adalah makanan khas atau asli
    • Warna logo menggunakan dominan warna cokelat yaitu untuk menunjukkan bahwa makanan ini merupakan kekhasan

Packaging: Packaging atau pembungkus yang digunakan oleh “Dapur SheSil” menggunakan bahan baku yang didominasi oleh kertas yang tebal, namun awet atau kuat untuk menahan basah dan mudah untuk didaur ulang. Warna packaging yang digunakan yaitu berwarna putih atau broken white. Ukuran yang tersedia adalah all size atau hanya 1 ukuran, namun terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu kotak dan bulat. Packaging kotak adalah untuk menu makanan kering dan packaging bulat adalah untuk menu makanan yang basah atau berkuah. Berikut terlampir bentuk packaging dari “Dapur SheSil”.

Gambar: Packaging Dapur SheSil

 

Target Market:

  1. Wilayah : DKI Jakarta
  2. Kelas Sosial : Low – Middle-Low – Middle – Middle-Up – Upper
  3. Gender : Female & Male
  4. Usia : 15 – 60 tahun
  5. Profesi : Karyawan/ Pekerja, Pelajar, Ibu rumah tangga, Wedding    Organizer    (WO),       terbuka    untuk berbagai profesi
  6. Income : Rp 1.500.000 – unlimited
  7. Perilaku : Food Hunter, Food Lovers, Food Blogger, Orang-orang  yang rindu/ ingin    makan makanan khas Bangka

Tools/ Media Marketing: Tools atau media marketing yang digunakan dalam mempromosikan Dapur SheSil terbagi dalam media promotion dan distribution yang akan dijelaskan dibawah ini. Media Promotion: Media promosi yang digunakan dalam mempromosikan Dapur SheSil terbagi dalam tiga kategori, yaitu media sosial, word of mouth, dan printed media yang akan dijabarkan sebagai berikut; (1) Media Sosial meliputi, Instagram, Whatsapp, dan Facebook; (2) Word of Mouth (WOM) meliputi Keluarga, Rekan kerja, Teman dekat, dan Tetangga sekitar; serta (3) Printed media, meliputi Sticker Label branding yang ada pada packaging, Flyer A5 (optional), dan Thank you card diberikan setiap pembelian. Thank you card ini dibuat dengan design special dan diberikan khusus kepada para pelanggan atau pembeli dari Dapur SheSil ketika mereka memesan makanan pada Dapur SheSil. Kata-kata yang digunakan juga menggunakan bahasa Bangka.

Strategi Branding: Berikut ini merupakan strategi-strategi branding yang akan dilakukan pada product Dapur SheSil.

Brand Identity: Dapur SheSil dengan slogan “Spesialis Makanan Khas Bangka” memiliki identitas sebagai penjual makanan rumahan yang spesialisasinya menjual atau menyajikan makanan khas Bangka. Kekhasan gambar dan warna pada logo dapat menyampaikan pesan bahwa makanan yang tersedia pada Dapur SheSil adalah homemade dan tradisional, serta berbahan dasar seafood, yaitu ikan dan udang.

Brand Loyalty: Dapur SheSil memberikan harga khusus atau promo kepada pelanggan yang diharapkan agar konsumen dapat re-purchase atau memesan kembali ke Dapur SheSil. Harga khusus atau promo adalah sebagai berikut:

  • Memberikan harga promo atau diskon pada hari-hari besar atau special seperti Tahun baru, Imlek, Lebaran, Natal, dan hari-hari special lainnya.
  • Pemberian harga khusus untuk katering yaitu harga borongan, tidak menggunakan harga satuan per
  • Memberikan free ongkir untuk daerah Jakarta Barat dengan minimum pesanan Rp 100.000,- atau 5 pax.

Brand Positioning: Brand positioning dari Dapur SheSil adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga rasa (brand image) khas Bangka agar tetap stabil dan sama setiap saat, sehingga memberikan citra rasa yang khas dan membuat customer rindu untuk makan atau pesan
  2. Masakan ala rumahan atau homemade dengan harga yang
  3. Melihat dan memantau kompetitor yang menjual menu serupa untuk perbandingan harga dan membuat inovasi.
  4. Menganalisa dan melakukan survey pasar untuk perbaikan

Brand Personality: Dapur SheSil dengan spesialisasi makanan khas Bangka diharapkan dapat menjadi tempat tujuan konsumen ketika mencari atau rindu atau ingin memesan makanan khas Bangka secara online. Selain itu, Dapur SheSil diharapkan dapat menjadi favorit para konsumen dan dapat menghilangkan kerinduan akan Kampung halaman.

Brand Awareness: Untuk mencapai brand awareness, Dapur SheSil menggunakan platform digital untuk mendukung promosi yaitu dengan media sosial Instagram. Hal-hal atau kegiatan yang dilakukan pada Instagram adalah sebagai berikut:

  • Membuat account Instagram khusus untuk @dapurshesil
  • Posting menu-menu makanan pada Story & Feed Instagram
  • Re-posting post atau story yang di-mention atau tag oleh customer
  • Posting feedback atau review dari customer
  • Bekerja sama dengan influencer atau KOL (Key Opinion Leader) mikro dengan jumlah pengikut atau followers 000 hingga 10.000 untuk me-review product makanan dari Dapur SheSil.

Gambar: Instagram Dapur SheSil

Kesimpulan: Bahwa pandemi yang melanda seluruh dunia terutama Indonesia memberikan dampak perubahan yang cukup drastis pada masyarakat. Semua kegiatan yang awalnya semua serba offline kini harus beralih menjadi online. Pekerjaan, pembelajaran, semua harus dari rumah. Pembelian barang dan makanan semua pun harus beralih menjadi online. Apabila barang dapat dibeli melalui platform e- commerce, maka untuk makanan pun ada di platform food service. Akibat pandemi ini, maka penulis memutuskan untuk mendirikan brand atau merek “Dapur SheSil”. Dapur SheSil berfokus sebagai penyedia atau penjual makanan dengan khas Bangka secara online yang terletak di kota Jakarta. “Dapur SheSil” dapat dipesanan secara langsung melalui whatsapp,dan juga tersedia pada online platform seperti Gojek dan Grab. Promosi yang dilakukan oleh “Dapur SheSil” adalah melalui Instargram account @dapurshesil dan Facebook. Harapan penulis agar merek “Dapur SheSil” dapat diterima sebagai pemenuh tugas akhir Branding in Strategic Communication dan juga dapat dterima oleh masyarakat kedepannya dapat berguna untuk memenuhi dan membantu masyarakat dalam pencarian makanan khas Bangka. Dapur SheSil juga baru berdiri sejak 2021 ini, sehingga sangat membutuhkan masukkan  berupa kritik dan saran yang dapat disampaikan melalui Instagram @dapurshesil atau melalui whatsapp owner.