Projek Branding: Beatrix English Tutor

Rebrand “Beatrix English Tutor” Oleh Beatrix, Mahasiswa Master of Strategic Marketing Communication, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK)-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si & Tim Pengajar.

Latar Belakang Project: Bahasa inggris bukanlah bahasa yang asing disekitar kita, dari usia dini hingga menempuh pendidikan lanjut kita pun masih belajar bahasa inggris. Bahasa inggris menjadi bahasa yang popular karena ada 400 juta penutur asli dan 2 milyar orang mempelajarinya sebagai bahasa kedua. Komunikasi lintas negara adalah suatu faktor yang membentuk dunia sebagaimana kita ketahui sekarang. Persebaran dan perkembangan agama, ilmu pengetahuan, dan teknologi sangat bergantung pada proses komunikasi ini. Oleh karena itu, muncul sebuah kebutuhan untuk dapat berkomunikasi dan memahami satu sama lain. Proses komunikasi ini juga harus dapat dilakukan oleh orang-orang dari berbagai negara yang menggunakan bahasa yang berbeda. Kebutuhan ini mendorong adanya sebuah usaha untuk membuat suatu bahasa yang dapat dimengerti dan digunakan semua orang di dunia. Hal ini sangat berpengaruh dalam bidang pendidikan di Indonesia, yang mana bahasa inggris menjadi salah satu pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan. Dengan kata lain, bahasa Inggris memberikan modal dalam berinteraksi, bersaing dan bereksplorasi dengan dunia yang lebih luas ditambah lagi banyak orang tua yang menaruh harapan mereka kepada anaknya, berharap mendapatkan memberikan pendidikan yang lebih luas serta lingkungan yang baru dengan cara melanjutkan pendidikan anaknya keluar negeri, berdasarkan data Kementrian Keuangan hingga akhir Januari 2019 penerima beasiswa LPDP sudah sebanyak 20.255 orang, data itu belum termasuk dengan jalur non beasiswa. Bahasa Inggris dimana bahasa yang amat penting bagi bidang pendidikan manapun seperti contohnya jenjang pendidikan lanjutan seperti SMP dan SMA, hal ini diharapkan dapat membantu generasi muda untuk menjembatani pada lingkup yang lebih luas. Maka dari itu penulis memiliki rencana membuat branding dalam kategori jasa les bahasa asing yaitu bahasa Inggris, yang mempersiapkan seorang siswa/siswi untuk bisa berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

Tujuan Project: Project bertujuan untuk, menjadikan wadah persiapan dasar keperluan pelajar untuk menempuh pendidikan lanjut keluar negri dalam bentuk komunikasi bahasa Inggris sehingga siswa mendapatkan kemampuan survive diluar negri dalam bentuk bahasa yang diharapkan menjadi bekal dalam kehidupan diluar negri.

Element of Branding:

Produk branding baru pada les berbahasa inggris dengan kurikulum yang disiapkan untuk pendidikan yang lebih lanjut keluar negri, kelebihan dari branding les berbahasa inggris ini adalah menyediakan platform bagi siswa yang siap untuk melanjutkan studinya keluar negri, kurikulum Bahasa Inggris secara akademis dalam pelajaran bahasa inggris itu sendiri, ilmu pengetahuan alam atau sosial, atau pun akademis dalam dunia matematika. Beatrix English Tutor juga memberikan pelajaran bahasa Inggris yang lebih advance secara teknis sehingga siswa terbiasa dengan bahasa yang lebih kompleks dalam dunia kerja, hal ini sangat menjadi fokus penulis selain dikarenakan banyak siswa yang dapat berbicara bahasa inggris namun saat test IELTS yang memberikan ujian akademis tes ini ditujukkan untuk mereka yang ingin melanjutkan kuliah tingkat S1, S2, dan S3 dan untuk mereka yang ingin mengajukan registrasi profesi, selain itu faktor bersosalisasi dan basic skill juga menjadi fokus penulis. Penulis berharap dengan tempat les berbahasa inggris, memberikan peluang besar siswa-siswi untuk mengembangkan diri dan memberikan pengalaman pribadi diluar negri.

  1. Brand Name : Beatrix English Tutor
  2. Logo : Singkatan dari Beatrix English Tutor menjadi BET
  3. Simbol : Bendera Amerika, logo percakapan
  4. Warna : Biru dan merah

Brand name berawal dari nama penulis sendiri, penamaan ini penulis pilih dikarenakan untuk sekarang penulis pun sedang membangun personal branding di media sosial, yang penulis harapkan bisa menjadi niche untuk Beatrix English Tutor ini. Jika Beatrix English Tutor disingkat, maka akan menjadi BET. Penulis menggunakan logo dan simbol dari Beatrix English Tutor menggunakan bendera negara Amerika yang dibentuk menjadi logo percakapan, yang artinya Beatrix Englis Tutorial menyediakan jasa untuk pelatihan bahasa asing yaitu bahasa inggris, dan huruf “T” pada logo menjelaskan, bahwa bahasa inggris itu sangat dalam, jika dilihat dari perspektif yang berbeda, jadi itulah alasan penulis untuk membuat logo Beatrix English Tutor menggunakan aksonometri. Warna dalam logo brand Beatrix English Tutor menggunakan warna biru dan merah yang mengekspresikan sebagai negara Amerika yang menjadi negara yang mempresentasikan bahasa inggris yang lebih umum.

Karakter: Pada simbol dari logo sebagai bentuk dari tujuan brand Beatrix English Tutor muncul, bentuk percakapan dengan gambar negara Amerika adalah harapan besar penulis kepada Beatrix English Tutorial. Pada pembelajaran Beatrix English Tutor, siswa-siswi diberikan suatu pengalaman dalam keterbukaan terhadap berbicara, mengajukan pendapat, serta bersosialisasi dalam berkelompok. Hal ini diciptakan sebagai perpaduan pembelajaran yang seimbang, sehingga siswa-siswi tidak melulu memikirkan pelajaran yang formal. Untuk Beatrix English Tutor memiliki 2 jenis kelas pembelajaran yaitu, regular dan private. Pada kelas regular, siswa-siswi bersama dalam 1 kelas yang terbatas dan tidak terlalu banyak, hal ini diberlakukan agar siswa-siswi mendapatkan perhatian yang lebih dan kemungkinan untuk tidak menyimak sangat minim. Sedangkan untuk kelas private, pengajar dari Beatrix English Tutor diberikan waktu luang untuk datang ketempat dimana pun pejalar inginkan, bisa di café, mall, makan siang, atau sekedar dirumah, hal ini diharapkan dapat menciptakan suasana dan teman percakapan berbahasa inggris siswa meningkat dengan cepat.

Target Market: Produk jasa Beatrix English Tutor: (1) Orang tua yang menginginkan anaknya melanjutkan pendidikan ke luar negri tapi memiliki ketakutan jika anaknya tidak dapat survive sendiri disana dikarenakan tidak dapat berkomunikasi ataupun bersosialisasi dengan baik, dan (2) Orang yang ingin mengikuti test seperti IELS versi akademik maupun versi general training. Target market digunakan oleh penulis sebagai oleh penulis untuk mengedepankan kebutuhan dari permasalahaan yang ada, ketakutan untuk merintis pendidikan diluar negri dikarenakan minimnya bahasa, kurangnya minat untuk melatih berbahasa inggris dikarenakan gengsi dan merasakan rasa tidak percaya diri jika melakukan kesalahan, Hal ini yang membuat penulis fokus untuk menyelesaikan permasalahaan ini, dengan memberikan wadah untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Tool / Media Marketing: Media pemasaran yang digunakan adalah media sosial instagram untuk melakukan aktifitas pemasaran produk jasa sehingga dapat diketahui masyarakat mengenai pricelist, testimoni dan hal apa saja yang sekiranya akan di pelajari nanti. Penulis juga melakukan pendataan dengan cara list building, data ini dapat berupa nama siswa, nama orang tua, media sosial, dan kontak person untuk melakukan blast promosi secara langsung.Dalam membuat konten membangun personal branding untuk Beatrix English Tutor di instagram, penulis membuat konten seperti informasi mengenai permasalahaan yang ada, serta solusi untuk penyelesaian masalah, semua konten diposting menurut waktu dan algoritma dari instagram untuk mendukung sebuah postingan agar lebih banyak dilihat orang banyak, menurut instagram @sparkmediamb menjelaskan bahwa hal terpenting dalam membuat postingan adalah postingan yang paling banyak di-save, di-share, dikomen, dan terakhir di like. Beatrix English Tutor menggunakan fasilitas instagram ads dan juga facebook ads untuk menunjang promosi Beatrix English Tutor lebih lanjut, membuat konten video yang menyelesaikan keresahan dari target market yang sudah penulis tuju. Selain itu untuk membantu pemasaran tanpa adanya perang harga Beatrix English Tutor membuat offer package produk yang ditawarkan hingga afiliasi produk

Strategi Branding: Branding terhadap Beatrix English Tutor memiliki identitas yang mudah di ingat terlebih penulis dengan nama Beatrix, sedang membangun personal branding mengenai bahasa inggris, sehingga produk jasa Beatrix English Tutor lebih mudah masuk dikhalayak banyak, hal ini juga menyebabkan persempit dari target market,dikarenakan personal branding yang dibangun, jadi Beatrix English Tutor sangat dapat berfokus terhadap masalah yang muncul dari target market. Logo yang di desain untuk mengungkapkan branding Beatrix English Tutor yang mengambil analogi  dari logo percakapan hingga bendera amerika serta detail-detail pada logo tersirat dan unik. Dalam segi kurikulum, Beatrix English Tutor mengambil dan menyamaratakan standarisasi Internasional, sehingga pelajar terbiasa dengan apa yang telah dipelajari, dengan pembawaan yang santai hinggapengajaran yang unik, membuat pelajar dapat menyerap ilmu dengan baik. Beatrix English Tutor kedepannya akan menjalin hubungan lebih banyak lagi dengan banyak sekolah menengah atas untuk membangun network dan kerjasama, sehingga Beatrix English Tutor dapat melakukan percepatan dalam perkembangan brand Beatrix English Tutor. Beatrix English Tutor harus mengikuti perkembangan yang ada, dimana semua sudah berbasis online, sehingga informasi yang paling cepat diterima adalah media sosial, untuk itu Beatrix English Tutor melakukan promosi melalui media sosial seperti instagram, facebook, atau juga dengan youtube untuk meningkatkan daya tarik konsumen.

Kesimpulan. Beatrix English Tutor merupakan sebuah brand yang bergerak dalam penawaran produk jasa dalam mengajarkan bahasa inggris. Beatrix English Tutor diambil dari nama penulis sendiri dikarenakan penulis sekarang sedang membangun personal branding mengenai bahasa inggris, Beatrix English Tutor yang berangkat dari pentingnya bahasa asing terutama bahasa inggris di era sekarang, hingga permasalahan pelajar yang memiliki kesulitan dalam basic skill untuk pertukaran pelajar memiliki tujuan untuk menyelesaikan dengan solusi yang Beatrix English Tutor tawarkan. Beatrix English Tutor berfokus dalam pelajaran bahasa inggris agar para pelajar yang ingin melanjutkan studi nya diluar negri, tidak perlu takut akan tidak bisanya berkomunikasi di negara asing. Dalam waktu dekat, Beatrix English Tutor akan dipasarkan melalui personal branding yang telah di bangun, dalam media sosial seperti instagram, keunggulan dari Beatrix English Tutor, pelajar akan mengalami pengalaman berbahasa inggris sehari-hari sehingga meningkatkan rasa percaya diri, terbiasa akan berkomunikasi, hingga meningkatkan intensitas berkomunikasi.