Projek Branding: 3 Wise Monkeys

Brand “3  Wise Monkeys” Oleh Arisa Maharani Melati Dewi, Mahasiswi Master of Strategic Marketing Communication, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi-BINUS Graduate Program, Dosen Pembina: Dr. Muhammad Aras, S. Pd., M. Si & Tim Pengajar.

Latar Belakang: Perkembangan zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, telah mendorong dan memotivasi masyarakat dalam mendirikan berbagai usaha bisnis dengan tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta mendapatkan profit semaksimal mungkin. Peluang bisnis di Indonesia juga semakin terbuka lebar melihat kondisi perekonomian Indonesia yang belakangan ini terus berkembang ke arah positif. Perkembangan ekonomi yang cukup stabil dapat membawa dampak yang positif bagi dunia usaha, dikarenakan dengan ditunjang dengan daya beli masyarakat yang cukup tinggi, sehingga dapat membuka peluang bisnis yang baik bagi para pelaku bisnis yang hendak membuka usaha bisnis. Makin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia, maka makin tinggi daya beli masyarakat, dan makin tinggi tingkat daya beli masyarakat, maka makin besar pula peluang bagi para pelaku bisnis untuk membuka usaha bisnis Salah satu usaha bisnis yang berpotensi memiliki prospek yang sangat baik ialah rumah makan dan restoran. Perkembangan di bisnis makanan dan minuman mengalami peningkatan yang cukup pesat saat ini. Tidak kalah dari sektor lain nya, bisnis ini memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, semakin banyak pihak yang tertarik untuk bergelut di bisnis restoran, pihak pebisnis pun saling berlomba untuk meningkatkan kualitas layanannya. Gaya hidup manusia yang selalu mengalami perubahan ini juga yang terus menuntut para pelaku bisnis restoran untuk selalu melakukan inovasi dan menciptakan hal yang baru dan berbeda terkait bidang bisnis yang dijalani. Menurut Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian mengatakan bahwa pertumbuhan industri makanan dan minuman sepanjang tahun ini diproyeksi mencapai 34% meskipun ekonomi nasional berada di tepi jurang resesi. Berdasarkan data, pada triwulan I ada 2020 sektor industri makanan dan minuman memberikan kontribusi sebesar

36,4% terhadap PDB manufaktur. Pada periode yang sama, pertumbuhan sektor industri ini mencapai 3,9%. Sementara pada semester I 2020, industri makanan dan minuman memberikan sumbangsih paling besar terhadap capaian nilai ekspor pada sektor manufaktur, dengan angka menembus US$13,73 miliar atau sekira Rp203,36 triliun.  Di era modern ini, telah tersedia banyak restoran yang menyediakan berbagai pilihan jenis masakan di Jakarta. Mulai dari masakan western sampai eastern pun kian banyak. Bila sebelumnya masakan bercita rasa western mendominasi, kini mulai bergeser pada masakan eastern. Salah satu masakan eastern yang paling populer adalah masakan asal Negeri Sakura, Jepang. Tidak sedikit rumah makan dan restoran yang membuka usahanya di bidang masakan Jepang.  Restaurant 3 Wise Monkeys berdiri sejak tahun 2014 tepatnya berlokasi di Senopati sebagai lokal brand. Resaurant ini berkatagori food and baverages dengan target market middle-up. Lokasi yang sangat strategis dan cukup tekenal dengan lokasi yang enak untuk hangout bersama keluarga, kerabat atau teman dan memiliki konsep dimana menjual makanan Jepang otentik dan fusion, dengan spesialisasi dalam menu All You Can Eat (yang dibuat sesuai pesanan). Ini juga merupakan tempat gaya hidup yang hangat dan sejuk di mana para pelanggan dapat menghabiskan waktunya. Visi dari restaurant kami adalah membangun dan memelihara budaya berorientasi pelanggan yang akan mendorong dan memelihara layanan prima melalui kebersihan, kualitas dan nilai untuk memenuhi harapan pelanggan kami. Dan Misi kami adalah untuk menghadirkan konsep makanan dan minuman yang modern dan inovatif kepada setiap pecinta makanan.

Tujuan Project: Dengan adanya project mata kuliah ini sehingga memberikan wawasan dan informasi bagi pembaca mengenai 3 Wise Monkeys. Juga untuk mengenalkan produk kami kepada para pembaca yang belum pernah mendengar sebelumnya terkait dengan Brand kami, yaitu 3 Wise Monkeys.

Elements of Branding:

Brand Name: Brand Name kami adalah 3 Wise Monkeys. Maksud nama brand dari 3 Wise Monkeys adalah “see no evil, hear no evil, speak no evil” yang artinya “tidak melihat kejahatan, tidak mendengar kejahatan, jangan berbicara jahat” 3 Wise Monkeys merupakan filosofi tertinggi yang dipercayai oleh orang Jepang. Di Jepang, pepatah dianggap sebagai Aturan Emas Jepang. Dalam tradisi Buddhis, prinsip dari peribahasa adalah tentang tidak memikirkan pikiran jahat ; – Mizaru: menutupi matanya, tidak melihat kejahatan  – Kikazaru: menutupi telinganya, tidak mendengar kejahatan  –  Iwazaru: menutupi mulutnya, yang tidak berbicara jahat.

Brand Identity: Wise Monkeys merupakan nama Brand dari restaurant Jepang yang cukup unervesal (tanpa ada unsur bahasa Jepang), karena namanya yang unik dan logo nya yang menarik cukup membuat calon pelanggan penasaran akan restaurant kami. Dengan nama dan logo yang unik nam dari 3 Wise Monkeys cukup sangat mudah untuk diingat dengan restaurant Jepang yang memberikan sistem makan secara All You Can Eat dengan sistem made by order. Pelayanan yang diberikan oleh 3 Wise Monkeys dengan cara Alacart dan All You Can Eat (made by order) bukan sistem buffet. Made by order adalah dimana makanan akan dibuatkan setelah pelanggan memesan makanan yang meraka inginkan.

Brand Personality: Wise Monkeys memiliki konsep dimana menjual makanan Jepang otentik dan fusion, dengan spesialisasi dalam menu All You Can Eat (dibuat sesuai pesanan) Ini juga merupakan tempat gaya hidup yang hangat dan sejuk di mana para pelanggan dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, partner kerja atau orang yang pelanggan cintai.

Tools and Media Marketing: Social Media: Instagram:  Instagram adalah salah satu media sosial yang penggunanya masih sangat aktif dalam men-update kesehariannya, maupun explore kebutuhan mereka. Dengan menggunakan Instagram sebagai media marketing dapat membantu dalam berkomunikasi dengan pelanggan tetap, maupun calon pelannggan.  Dengan menggunakan foto produk makanan kami, kami dapat secara persuasif kepada calon pelanggan dan pelanggan kami dengan menggunakan storytelling atau artikel dalam caption dengan ajakan untuk makan di restaurant kami. Instagram juga membantu kami dengan jangkauan secara luas dalam menginformasikan kepada calon pelanggan dan pelanggan jika ada promo-promo yang kami berikan, seperti promo Bank atau hari raya. Facebook: Facebook juga merupakan sosial media yang cukup besar untuk mempromosikan kami, dengan memposting makanan dengan menggunakan storytelling untuk mengajak para calon pelanggan dan pelanggan tetap kami untuk dating dan makan di restaurant kami. Dengan memposting foto-foto menu terbaik kami pada siang hari jam makan siang dan jam makan malam.