Dosen Tamu Satrya Pinandito

Nama: Satrya Pinandito
Jabatan: Manager- Public Relations & Communication at Grab Indonesia
Latar Belakang Pendidikan: The University of Queensland

Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Binus Graduate Program (BGP), BINUS University, pada kesempatan kali ini, mengundang Dosen Tamu yaitu praktisi dari Grab Indonesia bernama Satrya Pinandito. Beliau menjabat sebagai Country Manager- Public Relations & Communication.

Beliau berkenan hadir dalam kuliah tamu daring dan memberikan ilmunya (sharing knowledge) dengan topik “A Communication Strategy in practice” kepada mahasiswa Magister Strategic Marketing Communication, Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Mata kuliah yang diperkaya oleh materi kuliah tamu kali ini adalah PR and Global Marketing Communication dimana industry technologi seperti GRAB mementingkan reputasi dimata khalayak di era penuh persaingan sekarang. Dari pengalaman pembicara, materi dipaparkan dalam wilayah bagaimana industri modern memahami dan mencari dukungan dari khalayaknya.

Pembicara menjelaskan bagaimana pengaruh opini publik dan perilaku publik terhadap entitas bisnis yang dapat dikelola oleh Public Relations menjadi peluang dalam merangkul khalayak menjadi pendukung program komunikasi perusahaan. Setiap individu khalayak dapat didekati dengan usaha dari perusahaan untuk menyelesaikan masalah mereka sehari-hari.

Topik yang dibawakan dalam kuliah tamu ini mencakup Reputation, Earning Understanding and Support, Influencing Opinion and Behavior, A Storyteller, Myth, PR Campaign. Materi ini disampaikan dengan dukungan data dan pengalaman dari bidang industry teknologi khususnya kasus dari perusahaan Grab Indonesia. Elaborasi dan pengetahuan dari sesi tanya jawab dapat langsung diterapkan di bidang kerja masing-masing oleh setiap individu mahasiswa khususnya dalam bidang komunikasi pemasaran. Pertanyaan dari mahasiswa banyak mengemukan dan mendiskusikan latar belakang penerima pesan yang berbeda dari Indonesia dan Eropa. Program kuliah tamu ini sesuai dengan kurikulum pendidikan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yang memfokuskan kajiannya dengan Strategic Marketing Communication.