Dosen Tamu Jan Brejcha

Nama Dosen Tamu: Jan Brejcha
Jabatan: Business and Human Center Designer
Latar Belakang Pendidikan: Charles University in Prague

Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Binus Graduate Program (BGP), BINUS University, pada kesempatan kali ini, Kembali mengundang Dosen Tamu praktisi Industri Internasional dan juga akademisi internasional dari Charles University in Prague bernama Jan Brejcha. Beliau menjabat sebagai Business and Human Center Designer.

Beliau berkenan hadir dalam kuliah tamu daring dan memberikan ilmunya (sharing knowledge) dengan topik “HCI/UX and Digital Advertising: What? Why? How?kepada mahasiswa Magister Strategic Marketing Communication, Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Mata kuliah yang diperkaya oleh materi kuliah tamu kali ini adalah PR and Global Marketing Communication dimana aspek iklan merupakan bagian penting dalam komunikasi pemasaran. Materi kuliah tamu kali ini lebih menitikberatkan pada fundamental iklan dan pemasaran dalam wilayah HCI (human-computer interaction).

Pembicara mengusulkan kerangka semiotic dalam menganalisa pengalaman target audience dalam menerima pesan iklan. Iklan digital merupakan contoh yang paling baik dalam menjelaskan pengalaman user interface. Penerima pesan iklan bukan saja hanya angka dan statistik tetapi juga seorang benda hidup yang perlu dianalisa pengalamannya untuk lebih mengetahui bagaimana penerimaan mereka.

Topik yang dibawakan dalam kuliah tamu ini mencakup Digital advertising fundamentals Why?,  Advertisement as UI, Semiotic framework How?, Persuasion and motivation, Design process fundamentals, Case study: Cross-cultural research. Materi ini disampaikan dengan dukungan data dan pengalaman dari bidang industri konsultan khususnya berangkat dari kasus di Eropa and China.

Elaborasi dan pengetahuan dari sesi tanya jawab dapat langsung diterapkan di bidang kerja masing-masing oleh setiap individu mahasiswa khususnya dalam bidang komunikasi pemasaran. Pertanyaan dari mahasiswa banyak mengemukakan dan mempertanyakan latar belakang penerima pesan yang berbeda dari Indonesia dan Eropa. Program kuliah tamu ini sesuai dengan kurikulum pendidikan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yang memfokuskan kajiannya pada Strategic Marketing Communication