Dosen Tamu Arif Susanto

Nama: Arif Susanto
Jabatan: Managing Analysist
Latar Belakang Pendidikan: Universitas Brawijaya

Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Binus Graduate Program (BGP), BINUS University, pada kesempatan kali ini, mengundang Dosen Tamu yaitu praktisi dari Industri bernama Arif Susanto. Beliau menjabat sebagai Managing Analysist di Exposit Strategic.

Beliau berkenan hadir dalam kuliah tamu daring dan memberikan ilmunya (sharing knowledge) dengan topik “Pandemic sebagai Tantangan Transformasi Komunikasi” kepada mahasiswa Magister Strategic Marketing Communication, Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Mata kuliah yang diperkaya oleh materi kuliah tamu kali ini adalah Management of Business Communication dimana aspek pandemic ini menjadikan mobilitas manusia menjadi sesuatu yang berbahaya bagi manusia lain. Hal ini memberikan dampak gerak mundur bagi dunia bisnis dan sosial. Tantangan ini bisa disikapi dengan penggunaan tehnologi yang mengatasi time and distance. Masa pandemi, manusia terisolasi dalam bubble-bubble yang menjadi problematik tersendiri.

Dalam kajian komunikasi digital, Zoom Meeting menjadi penyedia fasilitas pertemuan dan Amazon melonjak keuntungannya. Kedua perusahaan ini berhasil melihat peluang seperti pemain bisnis kecil yang hanya menjual masker kepada publik. Kemampuan untuk bisa bertahan dimasa pandemik menjadikan pemain bisnis yang tangguh melihat pandemik menjadi peluang bukan tantangan bahkan bukan halangan dalam berkomunikasi.

Topik yang dibawakan dalam kuliah tamu ini mencakup Fenomena baru, Ancaman Gerak Globalisasi, Adaptasi Krisis, Pandemi sebagai Problem Komunikasi, Langkah-langkah Transformasi. Materi ini disampaikan dengan dukungan data dan pengalaman dari bidang industry dan konsultan khususnya dari literatur.

Elaborasi dan pengetahuan dari sesi tanya jawab dapat langsung diterapkan di bidang kerja masing-masing oleh setiap individu mahasiswa. Hal ini merupakan kebutuhan dan sesuai dengan kurikulum pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) BINUS yang memfokuskan kajiannya pada Strategic Marketing Communication.