Dosen Tamu Univ. Nasional Mercu Buana

Nama: Dr. Ahmad Mulyana, M.Si
Jabatan: Head of Program Magister Ilmu Komunikasi
Latar Belakang Pendidikan: Universitas Padjajaran

Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Binus Graduate Program (BGP), BINUS University, pada kesempatan kali ini, mengundang Dosen Tamu yaitu akademisi dari Universitas Mercu Buana bernama Dr. Ahmad Mulyana. Beliau menjabat sebagai Head of Program Magister Ilmu Komunikasi.

Beliau berkenan hadir dan memberikan ilmunya (sharing knowledge) dengan topik “Varian- varian Metode Penelitian Ilmiah Terapan Kontemporer” kepada mahasiswa Magister Strategic Marketing Communication, Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Mata kuliah yang diperkaya oleh materi kuliah tamu kali ini adalah Research Methodology dimana penelitian komunikasi ini sudah berkembang pesat. Materi kuliah tamu pada kesempatan ini menjelaskan bagaimana mahasiswa dapat mengenal lebih dalam metode penelitian ilmu sosial dalam proses penelitian komunikasi.

Materi dosen tamu kali ini tidak hanya memperkaya salah satu Mata Kuliah di Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yaitu Research Methodology tetapi juga mata kuliah lainnya yang menitikberatkan pada pemahaman komunikasi dan penelitian sebagai dasar dalam penyelesaian penelitian mahasiswa dan dosen. Mahasiswa MIK tentunya mendapatkan tambahan pengetahuan dan tanya jawab yang produktif karena mahasiswa MIK sedang menjalani mata kuliah ini dengan harapan dapat menambah wawasan lebih kepada materi kuliah dan mendapatkan terpaan materi langsung dari akademisi dengan materi dan contoh konkrit dan sudut pandang praktisi peneliti dilapangan.

Topik yang dibawakan dalam kuliah tamu ini mencakup Proses Penelitian, Pendekatan Penelitian, Paradigma Penelitian, Data Penelitian, Analisa Wacana, dan Cara Berpikir. Materi ini disampaikan dengan dukungan data dan pengalaman dari bidang pertambangan.

Dan dilengkapi dengan elaborasi dan sesi tanya jawab yg dapat langsung diterapkan di dunia kerja atau industri setiap individu mahasiswa. Hal ini sesuai dengan kurikulum pendidikan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yang memfokuskan kajiannya dengan Streaming Strategic Marketing Communication