Dosen Tamu Praktisi Pemerintahan: Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Nama: Ery Tamalagi
Jabatan: Tim Staf Khusus bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pertanian Republik Indonesia
Pengalaman Profesional: Jurnalis Senior

Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Binus Graduate Program (BGP), BINUS University, pada kesempatan kali ini, mengundang Dosen Tamu yaitu praktisi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia bernama Bapak Ery Tamalagi. Beliau menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Beliau berkenan hadir dan memberikan ilmunya (sharing knowledge) dengan topik “Strategi Media Relations di Institusi Pemerintah” kepada mahasiswa Magister Strategic Marketing Communication, Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Mata kuliah yang diperkaya dalam kuliah tamu kali ini adalah Media Relations Strategy, bahwa institusi pemerintah adalah entitas yang sangat penting dalam elemen negara. Materi kuliah tamu pada kesempatan ini menjelaskan bagaimana mahasiswa dapat mengenal lebih dalam konsep strategi hubungan pemerintah dengan media yang diperlukan dalam proses komunikasi dengan publik.

Materi dosen tamu kali ini tidak hanya memperkaya salah satu Mata Kuliah di Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yaitu Media Relations Strategy tetapi juga mata kuliah lainnya yang menitikberatkan pada pemahaman komunikasi dan media sebagai pasangan kerja dalam komunikasi publik. Mahasiswa MIK tentunya mendapatkan tambahan pengetahuan dan tanya jawab yang produktif dan dapat menambah wawasan yang lebih komprehensif karena mendapatkan terpaan materi langsung dari praktisi dengan materi dan contoh konkrit dan sudut pandang praktisi dilapangan.

Topik yang dibawakan dalam kuliah tamu ini mencakup Viral sensitive issue, Media and government, The Indonesian media landscape, Communication and showing evidence. Materi ini disampaikan dengan dukungan data dan pengalaman dari bidang jurnalistik. Dan dilengkapi dengan elaborasi dan tanya jawab yang dapat langsung diterapkan di dunia kerja atau industri setiap individu mahasiswa. Hal ini sesuai dengan kurikulum pendidikan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yang memfokuskan kajiannya dengan Streaming Strategic Marketing Communication.