BINUS Journey

Magister Ilmu Komunikasi (MIK) sebagai program studi dalam binaan BINUS Graduate Program turut menyukseskan visi Binus University menuju WORLD CLASS INSTITUTION. Roadmap yang dijalankan program studi MIK adalah turunan dari roadmap universitas yang dijalankan sesuai panduan kinerja program studi. Program studi MIK yang dijalankan oleh semua dosen binaan sesuai visinya yaitu menciptakan lulusan yang unggul dan mampu menjadi pemimpin profesional dalam bidang Komunikasi dan dapat bersaing di kancah Internasional. MIK melaksanakan pendampingan akademis dan pengajaran yang memberikan kontribusi pada visi Program Studi.

Visi berikutnya yang menjadi acuan dalam melaksanakan program kerja MIK adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tehnologi informasi dan komunikasi dengan memperhatikan nilai budaya lokal. Semua program kerja MIK diformulasikan untuk mencapai visi tersebut yang meliputi; pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian pada Masyarakat, dan pengembangan diri.

Dalam bidang pengajaran, setiap pengampu mata kuliah memberikan materi kuliah mengikuti kurikulum yang terukur dan terbukti pengaplikasiannya di lapangan. Peng-aplikasi-an di lapangan dan kerja nyata dibuktikan dengan pengkayaan bahan kuliah yang disampaikan dalam sesi enrichment yang didapat dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen MIK. Pengkayaan materi kuliah ini juga dilengkapi oleh kuliah tamu yang mengundang akademisi dan praktisi dari industri dan universitas baik nasional maupun Internasional dalam rangka menambah perbendaharaan ilmu pada peserta didik di program studi Magister Ilmu Komunikasi.

Penelitian merupakan hal yang penting dalam pencapain visi universitas yang selaras dengan apa yang dilakukan oleh program studi MIK. Pencapaian kinerja penelitian dapat diukur dari jumlah publikasi di Jurnal internasional terindeks SCOPUS dan kolaborasi penelitian dengan kolega ilmiah di luar institusi yang membuka wawasan nasional dan internasional. Penelitian dengan dampak internasional ini bukan saja dilakukan oleh dosen tetapi juga dilakukan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan para mahasiswa (MIK ditambah dengan penelitian mandiri yang dilakukan oleh dosen bersama mahasiswa.

Pengabdian kepada masyarakat melalui fasilitas yang disediakan oleh Binus University memberikan akses langsung kepada masyarakat untuk merasakan dampak langsung dari keilmuan di sisi akademik dan memberikan asistensi pada masalah dan tantangan di lingkungan nyata. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen MIK memberikan solusi komunikasi nyata melalui pelatihan, pendampingan dan konsultasi terhadap masalah dan tantangan usaha bisnis dan kehidupan social secara umum.

Berikut beberapa program atau kegiatan yang telah dilakukan oleh Program Studi Magister Ilmu Komunikasi BINUS Graduate Program:

MIK mengundang Jan Brejcha, PhD dari Charles University in Prague, untuk mengisi kuliah tamu pada sesi Enrichment di Prodi MIK yang dihadiri mahasiswa dan juga dosen. Tema yang disajikan memberikan international experience kepada para mahasiswa. Topik yang dibawakan oleh pemateri seputar bagaimana proses komunikasi iklan digital disampaikan dan dikemas dari mulai komunikator sampai penerima di perangkat komputer mereka.

Kuliah tamu dari Prof. Burton (Uni Colorado-Boulder)

 

Prof. Burton St. John III terkenal dengan buku Public Relations and the Corporate Persona: The Rise of the Affinitive Organization dan Cases in Public Relations Strategy yang menjadi rujukan mata kuliah di MIK dan Program Studi Komunikasi di seluruh dunia. Beliau bersedia memberikan kuliah tamu dengan tema “CRISIS MANAGEMENT COVID IN THE USA”. Afiliasi beliau di University of Coloradi-Boulder, memberikan wawasan langsung dari data di lapangan di Amerika Serikat mengenai konsep manajemen krisis.

Pengalaman internasional mahasiswa juga menjadi nilai positif yang berkontribusi pada visi Binus University. Mahasiswa dan mahasiswi MIK berpartisipasi menjadi pemateri pada THE 2nd SOUTHEAST ASIA ACADEMIC FORUM ON SUSTAINABLE DEVELOPMENT (SEA-AFSID). Karya ilmiah yang mereka presentasi juga dipublikasi dalam proceeding yang terindeks SCOPUS yang menjadi pengalaman publikasi internasional MIK.

Visit Industry ke Shopee Indonesia

 

Prodi MIK melakukan Visit Industry ke Shopee Indonesia sebagai salah satu kegiatan akademik untuk mahasiswanya. Kegiatan Visit Industry yang diterima oleh pihak Shopee dengan presentasi oleh Aditya Maulana Noverdi, Public Relations Lead. Beliau menyampaikan materi strategi komunikasi Shopee terhadap khalayak pasarnya. Mahasiswa dan dosen MIK mendapat penjelasan dan pengalaman lapangan terkait bagaimana positioning Shopee berkompetisi dengan marketplace lain di Indonesia.

Kuliah Tamu dari GM Communication Siloam International Hospital

 

Kuliah tamu diberikan kepada mahasiswa juga untuk memperkaya keilmuan dengan data dan praktek di lapangan. Pada kesempatan ini, GM Communication Siloam International Hospital, Jimmy Rambing bersedia menyampaikan strategi komunikasi industri dan institusi Kesehatan nasional. Materi yang beliau sampaikan bukan saja memberikan pengkayaan wawasan keilmuan komunikasi bahkan menambah informasi potret langsung profesi pimpinan komunikasi di korporasi ternama di Indonesia.

Pengabdian pada masyarakat Pekalongan oleh Dosen MIK.

 

Dosen MIK yang memiliki keahlian dan keilmuan komunikasi memberikan presentasi pada program pengabdian kepada masyarakat ini. Pada program ini dosen MIK terbang ke Pekalongan dalam program pendampingan kepada pusat kegiatan masyarakat yang memerlukan panduan dalam membuat usaha kecil dan menengah. Dosen MIK memberikan pemahaman dan pendampingan dalam komunikasi pemasaran dan pemasaran digital untuk usaha kuliner masyarakat.

Publikasi internasional mahasiswa MIK

 

Publikasi internasional di jurnal yang terakreditasi Scopus menjadi tujuan dari karya akhir mahasiswa MIK. Pada achievement ini, mahasiswa MIK yang bernama Frendy Lim berhasil menembus Jurnal ternama dengan menyarikan hasil dari penelitian pada masa kuliah di MIK berdasarkan bimbingan dan panduan para dosen MIK.