Dosen Tamu Akademisi Universitas Internasional Brunei Darussalam

Nama: Asc. Prof. James McLellan
Jabatan: Asociate professor in English Language and Linguistics at the University of Brunei Darussalam
Karya Ilmiah: “Codeswitching in university English-medium classes: Asian perspectives. Bristol, UK: Multilingual Matters.

Master of Strategic Marketing Communication Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) Binus Graduate Program (BGP), BINUS University, pada kesempatan kali ini, mengundang Dosen Tamu Internasional yaitu Akademisi dari University of Brunei Darussalam bernama Asc. Prof. James McLellan. Beliau menjabat sebagai Associate Professor for English language and Linguistic.

Beliau berkenan hadir dan memberikan ilmunya (sharing knowledge) dengan topik “English is a Language before Globalization: English is the Language after Globalization” kepada mahasiswa Magister Strategic Marketing Communication, Magister Ilmu Komunikasi (MIK) BINUS. Mata kuliah yang diperkaya oleh materi kuliah tamu kali ini adalah Public Relations and Global Marketing Communication, dimana globalisasi bukan hanya konsep sempit tetapi juga mengikuti perkembangan global termasuk bahasa. Materi ini menjelaskan bagaimana mahasiswa dapat mengenal lebih dalam konsep International Gathering, ELF (English Lingua Franca) dan ASEAN Charter.

Materi dosen tamu kali ini tidak hanya memperkaya salah satu Mata Kuliah di Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yaitu Public Relations and Global Marketing Communication tetapi juga mata kuliah lainnya yang menitikberatkan pada pemahaman komunikasi dan budaya dari target pasar dalam komunikasi pemasaran. Mahasiswa MIK tentunya mendapatkan tambahan pengetahuan dan tanya jawab yang produktif karena mahasiswa MIK sedang menjalani mata kuliah ini dengan harapan dapat menambah wawasan lebih pada materi kuliah dan mendapatkan terpaan materi global dengan materi dalam Bahasa Inggris dan sudut pandang akademisi dari luar negeri.

Topik yang dibawakan dalam kuliah tamu ini mencakup Localized features, LinguaCultural, The Asian Corpus of English, Grammar/Syntax, International Marketing Mistakes, World English, Global English, and Means of Communication. Materi ini disampaikan dengan dukungan penelitian dari bidang linguistik. Hal ini sesuai dengan kurikulum pendidikan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yang memfokuskan kajiannya dengan Streaming Strategic Marketing Communication.