SIAPA PEMASOK DANA GLOBAL PUBLIC RELATIONS?

Dalam waktu empat puluh lima menit, Ia mendapatkan 45 milyar dollar Amerika. Ia diperkenalkan kepada awak media masa oleh Donald Trump. Ia diterima dan diberi milyaran dollar Amerika di Saudi Arabia oleh Putra Mahkota Pangeran Salman. Namanya adalah Masayoshi Son. Nama yang tidak terlalu terkenal, tetapi ia adalah salah satu investor paling berpengaruh di era disrupsi dan inovasi sekarang ini.

Jika kita sebutkan nama perusahaan dimana Masa (nama beliau yang dikenal oleh rekan kerja dan kalangan media) berinvestasi. kita semua pastio kenal karena kita berada di dalam ekosistem teknologi mereka dalam keseharian kita. Uber, WeWork, NVIDIA, OYO, dan lain-lain. Masayoshi merupakan pendiri dari SoftBank, sebuah perusahaan venture capital terbesar saat sekarang ini yang bermarkas di Jepang. Investasi yang paling brilian dari Masa adalah ketika Ia menemukan seorang guru Bahasa Inggris di kepulauan Cina. Jack Ma adalah investasi terbaik Masa yang mendisrupsi keseluruhan model bisnis global dan cara konsumen mendapatkan barang diseluruh dunia. Penanaman modal kepada Alibaba adalah contoh tersukses Masa yang diikuti oleh investasi sukses berikutnya.

Apa korelasi Masa, SoftBank dan Global Public Relations? Global Public Relations memandang tidak adanya sekat antara perbatasan negara satu dengan yang lainnya. Praktisi Public Relations di dunia global ini harus mengerti peta capital dunia yang notabene dikuasai oleh sekelompok penyandang dana.

Ketika Masa mengelontorkan uangnya untuk sebuah startup di Inggris yang bergerak dalam produksi dan disain semikonduktor dengan jumlah 44 milyar dollar Amerika. Public Relations dan Corporate Communication Director dari perusahaan ini dan supplier bahan pokoknya mengerti benar siapa pemasok dana perusahaan ini.

Ketika Alibaba, Uber, WeWork, OYO merambah dunia dengan membuka lokasi di lebih dari 76 negara, siapa yang mendanainya? Dalam buku Global Public Relations yang disusun oleh Freitag and Stokes, banyak perubahan di dunia professional global karena banyaknya foreign capital. Masa membuat dana global yang mendanai Global Public Relations. Dikuatkan lagi dengan kenyataan bahwa investor adalah salah satu stakeholder penting Global Public Relations.

Hal ini adalah hanya salah satu sisi dari topik yang dibahas dalam mata kuliah Public Relations and Global Marketing Communication di Magister Ilmu Komunikasi, Binus Graduate Program. Silakan bergabung jika ingin berdikusi lebih dalam mengenai topik menarik ini. Saya tutup dengan kutipan penting dari Masa.

” We are an investment company that focus only one thing which is information revolution…”

Irmawan Rahyadi