People Innovation Excellence
 

Perspektif Sistem dalam Praktik Public Relations

 

Image result for public relations image

Teori sistem pertama kali dikemukakan oleh Ludwig Von Bertalanffy (Littlejohn, 2006) seorang ahli Biologi. Teori sistem adalah suatu pendekatan multidisiplin yang luas, sehingga akhirnya dipakai dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Sistem adalah seperangkat unit yang saling berinteraksi yang bertahan lama dalam batas-batas yang ditentukan berdasarkan respons dan penyesuaian terhadap tekanan perubahan dari lingkungan untuk mencapai tujuan dan mempertahankannya. Menurut Campbell bahwa sistem merupakan himpunan komponen atau bagian yang saling berkaitan yang bersama-sama berfungsi untuk mencapai sesuatu tujuan (Cutlip, et al, 2009).
Dalam public relations practice, sistem merupakan seperangkat unit dalam suatu himpunan yang berinteraksi yang meliputi organisasi dan publiknya. Mereka dipengaruhi dan terlibat dalam interaksi, akan tetapi berbeda dengan sistem fisika dan biologi, sistem sosial tidak secara khusus tergantung pada kedekatan fisik dari bagian-bagian komponennya. Spesifikasi interaksi organisasi-publik inilah yang yang didefinisikan sebagai sistem. Dengan kata lain, sistem organisasi-publik terdiri dari organisasi dan orang yang terlibat dengan, dan dipengaruhi oleh organisasi tersebut.
Relevansi teori sistem dengan eksistensi public relations dalam menunjang pengelolaan organisasi, dimana public relations merupakan bagian struktur organisasi atau lembaga yang dalam aktivitasnya akan membutuhkan bagian-bagian lain secara kolaboratif dalam menjawab permasalahan-permasalahan dan membangun citra positif organisasi. Tindakan kolaboratif sebagai manifestasi praktis dari teori sistem dalam konteks public relations yang diwujudkan berbentuk kerjasama, koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan saling ketergantungan.


Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close