Peningkatan Kualitas SDM di Era Integrasi Media Sebagai Salah Satu Aset Bangsa di sektor Bisnis

Di era persaingan global saat ini, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dirasakan sebagai suatu kebutuhan yang mendesak. Persaingan global dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi akan membawa tantangan-tantangan baru baik dalam proses pengolahan potensi dan aset yang dimiliki oleh masyarakat dan bangsa maupun dalam rangka mendapatkan lapangan pekerjaan yang ditandai dengan persaingan yang semakin ketat. Demikian pula, program pembangunan idealnya menciptakan win-win solution, dimana pemerintahan yang kuat didukung oleh masyarakat yang kuat. Sebaliknya, lemahnya suatu bangsa disebabkan oleh karena profesionalisme dan pengetahuan serta keterampilan sumber daya manusia yang terbatas, sehingga harus terus ditingkatkan.

Bertolak dari persoalan pembangunan yang menyebabkan ketertinggalan sebagaimana yang dimaksud, maka salah satu strategic entry point untuk memperbaikinya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia baik pada aparat pemerintahan, swasta, maupun masyarakat yang antara lain melalui peningkatan level pendidikan warga masyarakat di jenjang lebih tinggi yaitu dari program S1 ke program S2 termasuk Program Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka sumber daya berupa asset dan potensi alam yang ada akan mampu dikelola dan diberdayakan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 yang sekaligus mengatasi kesenjangan ilmu pengetahuan di bidang Ilmu Komunikasi, maka Universitas Bina Nusantara (BINUS) telah membuka Program Studi S2 Magister Ilmu Komunikasi, Peminatan Komunikasi Pemasaran Strategis, dengan kurikulum Integrated Marketing Communication yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, industri, dan pemerintah saat ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, tuntutan kebutuhan dunia kerja saat ini dan ke depan diharapkan sumber daya manusia berkualitas dapat menguasai bidang keilmuan yang didukung oleh penguasaan teknologi komunikasi dan informasi, maka Program Studi S2 Magister Ilmu Komunikasi (MIK) sangat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, industri bisnis dan pemerintah sebagai sarana atau wadah menciptakan generasi yang mandiri, berjiwa bisnis dan inovatif sebagai salah satu asset bangsa Indonesia.

Muhammad Aras